Keteladanan Guru Kunci Keberhasilan Pendidikan

id Guru

Keteladanan Guru Kunci Keberhasilan Pendidikan

Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah.

Padang, (Antara Sumbar) - Wali Kota Padang, Sumbar, Mahyeldi Ansharullah mengatakan keteladanan dari guru menjadi kunci keberhasilan pendidikan berkelanjutan kepada siswa.

"Baik atau buruknya keteladanan guru akan menentukan perkembangan siswa di masa depan, " ujarnya saat menjadi pembina upacara HUT Guru dan PGRI 2017 di Padang, Kamis (30/11).

Teladan artinya menjadi contoh bagi siswanya, misalnya dalam beretika. Siswa akan patuh pada peraturan dan memiliki etika yang baik, bila guru melakukan hal yang serupa.

Sebaliknya, siswa tidak akan beretika bila gurunya juga memiliki kepribadian yang negatif. Pentingnya peran guru ini bisa menjadi kebijakan strategis pemerintah dalam dunia pendidikan.

Artinya, sebutnya kebijakan pemerintah dalam menyejahterakan guru memiliki dasar dan prinsip yang jelas.

Hanya saja keberpihakan pemerintah ini perlu ditindaklanjuti dengan sikap guru untuk terus meningkatkan kemampuan, pengetahuan, profesional dan daya saing.

Dari modal tersebut, sebutnya guru senantiasa meningkatkan prestasinya serta lebih maksimal dalam membina siswa. Bila ini sudah terpenuhi upaya pemerintah meningkatkan kesejahteraan guru tidak akan sia-sia.

Sementara itu upacara HUT Guru dan PGRI ke - 72 Pemkot Padang dipusatkan di Lapangan Imam Bonjol.

Kegiatan ini tetap dilaksanakan di tengah guyuran hujan lebat, itu terlihat dari ribuan guru yang hadir mengikuti upacara. (*)