Fraksi Nasdem Minta Pasar Raya Dikembalikan Jadi Pusat Perdagangan dan Grosir

id Mailinda Rose

Fraksi Nasdem Minta Pasar Raya Dikembalikan Jadi Pusat Perdagangan dan Grosir

Ketua Fraksi Nasdem, Mailinda Rose. (Antara Sumbar/Pratiwi Tamela)

Padang, (Antara Sumbar) - Fraksi Nasdem DPRD Kota Padang, Sumatera Barat meminta pemerintah setempat untuk mengembangkan Pasar Raya sebagai pusat perdagangan dan pasar grosir.

"Hal itu bertujuan agar dapat menghidupkan ekonomi masyarakat Kota Padang," kata Ketua Fraksi Nasdem, Mailinda Rose di Padang, Kamis.

Dahulunya, katanya Pasar Raya dikenal sebagai sentra pusat perdagangan dan grosir, akan tetapi saat ini telah hilang disebabkan gempa beberapa tahun lalu.

"Namun hingga saat ini belum juga terlihat tanda-tanda kembalinya Pasar Raya sebagai pusat grosir tersebut," kata dia.

Oleh karena itu, sebagaimana amanat Undang-undang Nomor 26 tahun 2007 tentang penataan ruang, Pasar Raya merupakan pusat perekonomian yang harus dipikirkan secara serius dan tegas oleh pemerintah kota.

"Agar bisa menjadikan Pasar Raya sebagai pusat peningkatan ekonomi masyarakat," tambahnya.

Di samping itu, pihaknya juga mengapresiasi kinerja pemerintahan Kota Padang yang telah berusaha menjadikan Pasar Raya menjadi kawasan yang bersih, tertib, indah, dan nyaman.

Dengan adanya kawasan tersebut diharapkan menjadikannya sentra ekonomi kreatif, sehingga dengan adanya sentra ekonomi kreatif tersebut, mampu menguatkan ekonomi masyarakat.

Selain itu, dengan berkembangnya Pasar Raya menjadi pusat perdagangan juga akan berkontribusi dan mendongkrak pendapatan asli daerah.

Sebelumnya, Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengatakan percepatan pembangunan sarana perdagangan kota dan sentra ekonomi diarahkan pada revitalisasi pasar-pasar pembantu setelah pembangunan pasar inpres secara keseluruhan dapat dituntaskan. (*)