Keren, Bhabinkamtibmas Tanam Pohon Hijaukan Halaman Masjid dan Mushalla

id tanam pohon

Keren, Bhabinkamtibmas Tanam Pohon Hijaukan Halaman Masjid dan Mushalla

Anggota Bhabinkamtibmas Sintuak, Kecamatan Sintuak Toboh Gadang, Padangpariaman, Aipda Roy Martin Nasution menanam pohon di lingkungan Masjid Raya Sintuak yang disaksikan oleh masyarakat setempat, Jumat (27/10). (ANTARA SUMBAR/Aadiaat M. S)

Parit Malintang, (Antara Sumbar) - Bhayangkara Pembinaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Sintuak, Kecamatan Sintuak Toboh Gadang, Padangpariaman, Sumatera Barat Aipda Roy Martin Nasution menanam sekitar 100 batang pohon guna menghijaukan halaman masjid dan musala di daerah itu.

"Penanaman pohon ini dilakukan karena petugas melihat sejumlah rumah ibadah di Nagari Sintuak terlihat gersang, sehingga ia rela mengeluarkan dana pribadi untuk membeli bibit pohon," kata Kapolsek Lubuk Alung, AKP Ery di Sintuak Toboh Gadang, Jumat.

Ia mengatakan karena Bhabinkamtibmas itu sering mengunjungi sejumlah rumah ibadah di nagari itu sehingga ia merasa kondisi lingkungan yang gersang tersebut harus dibenahi.

Pembenahan dilakukan dengan menanam pohon, membuat taman serta parkir kendaran di halaman masjid.

"Untuk pengerjaan tersebut Bhabinkamtibmas dibantu oleh warga setempat," katanya.

Bantuan dari warga tidak terlepas dari kedekatan Bhabinkamtibmas dengan masyarakat setempat.

Kedekatan dengan masyarakat itu juga menjadi tanda keberhasilan Bhabinkamtibmas dengan warga sehingga kepolisian mudah mendapatkan informasi serta memberikan pemberitahuan dan imbauan dari pemerintah.

"Ke depan saya juga akan mendatangi masjid-masjid di lingkungan Polsek Lubuk Alung guna menjalin kerja sama dengan masyarakat, dan hal serupa juga akan diterapkan kepada Bhabinkamtibmas lainnya," kata dia

Sementara itu, tokoh ulama setempat Azwar mengatakan dengan adanya penanaman pohon tersebut akan dapat mendinginkan lingkungan sejumlah rumah ibadah di daerah itu yang selama ini terasa panas.

"Karena itu kami bersyukur dengan adanya penanaman pohon dari Bhabinkamtibmas, dan hal itu dibantu oleh masyarakat," ujar dia.

Ia mengatakan Bhabinkamtibmas pun juga sering berkonsultasi dengan tokoh masyarakat serta ikut menyelesaikan permasalahan antarwarga di nagari. (*)