Kodim 0305/Pasaman tanam pohon mangrove di Pantai Sasak

id Tanam pohon mangrove

Kodim 0305/Pasaman tanam pohon mangrove di Pantai Sasak

Dandim 0305/ Pasaman Letnan Kolonel Inf. Putra Negara saat melakukan penanaman pohon mangrove di Pantai Muaro Tanjung Pohon Seribu Kecamatan Sasak Ranah Pasisia, Rabu (21/2/2024). Antara/Altas Maulana. 

Simpang Empat,- (ANTARA) - Komando Distrik Militer (Kodim) 0305/Pasaman melakukan penanaman 340 pohon mangrove di Pantai Muaro Tanjung Pohon Seribu, Kecamatan Sasak Ranah Pasisia, dengan mengusung tema "Bersama Rakyat Bersatu dengan Alam", Rabu.

Dandim 0305/ Pasaman Letnan Kolonel Inf Putra Negara di Simpang Empat, mengatakan penanaman mangrove itu tersebar pada dua hektare lahan di sekitar Pantai Muaro Tanjung Pohon Seribu Sasak, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie.

"Semoga dengan adanya penanaman mangrove ini, wujud nyata kita semua dalam rangka membantu pemerintah untuk menjaga kelestarian lingkungan bisa terwujud," harapnya.

Ia juga berharap penanaman mangrove yang lakukan mewujudkan wilayah yang asri, nyaman, dan lestari, termasuk mengantisipasi dampak negatif seperti abrasi pantai.

"Terima kasih kami ucapkan kepada Pemkab Pasaman Barat yang telah mendukung kegiatan ini," katanya.

Penanaman Mangrove juga melibatkan masyarakat sekitar pesisir pantai dan juga pelajar.

Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto menyatakan kegiatan yang dilaksanakan tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat, terutama untuk penghijauan dan melestarikan lingkungan hidup di sekitaran pantai.

Selain itu, kata dia, juga sebagai salah satu upaya pencegahan abrasi dan menciptakan lingkungan sekitar pantai yang bersih dan nyaman.

"Terima kasih kepada TNI atas kepedulian terhadap pelestarian lingkungan di pesisir pantai. Semoga melalui kegiatan ini mengawali upaya kita dalam meminimalisir potensi dampak lingkungan, terutama perairan. Kami mengajak masyarakat di sekitar pantai ini untuk selalu menjaga lingkungan," ajaknya.

Penanaman pohon yang dilaksanakan serentak itu juga diikuti oleh Ketua DPRD Pasaman Barat Erianto, Kepala Bagian Ops Polres Pasaman Barat Kompol Muzhendra, Kepala Dinas Perikanan Zulfi Agus, dan pihak terkait lainnya.