Dukung Wisata Halal, 40 Polisi Padangpariaman Dilatih Berbahasa Inggris

id Pelatihan bahasa inggris

Dukung Wisata Halal, 40 Polisi Padangpariaman Dilatih Berbahasa Inggris

Salah seorang dosen Bahasa Inggris tengah berdialog dengan sejumlah anggota Polisi Resor Padangpariaman, saat pelatihan Bahasa Inggris di Parit Malintang, Jumat (27/10). (ANTARA SUMBAR/Aadiaat M. S)

Parit Malintang, (Antara Sumbar) - Sebanyak 40 anggota Kepolisian Resor Padangpariaman, Sumatera Barat mengikuti pelatihan peningkatan kemampuan berbahasa Inggris, guna mendukung program wisata halal di daerah itu.

"Beberapa waktu lalu Sumbar ditetapkan sebagai destinasi wisata halal dunia, sehingga diperlukan aparat keamanan yang mampu berbahasa Inggris menghadapi peningkatan jumlah kunjungan wisatawan asing nantinya," kata Ketua Panitia Pelaksana Pelatihan Bahasa Inggris, Yosa Novia Dewi saat acara pelatihan di Mapolres Padangpariaman, Parit Malintang, Jumat.

Ia mengatakan dengan meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan asing nantinya maka anggota kepolisian juga harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris, agar bisa berkomunikasi dengan mereka.

Terlebih jika terjadi pelanggaran hukum dan kecelakaan pada wisatawan asing serta pemeriksaan dari kepolisian.

Menurutnya jika anggota kepolisian memiliki kemampuan bahasa Inggris maka tiga persoalan tersebut akan dapat di atasi, bahkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan karena memudahkan mereka dalam memperoleh informasi.

Oleh karena itu, sejumlah dosen bahasa Inggris yang mengajar di sejumlah perguruan tinggi di Sumbar, Sumatera Utara, dan Jambi dilibatkan dalam kegiatan pelatihan ini agar anggota kepolisian mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris dengan baik.

Lima perguruan tinggi yang dilibatkan dalam kegiatan ini yaitu Universitas Putra Indonesia Yayasan Pendidikan Tinggi Komputer (UPI YPTK) Padang, Universitas Terbuka, Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan Sumbar, Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Universitas Batanghari, dan Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan Lubuk Alung.

Adapun materi yang diajarkan yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis yang dilakukan selama dua hari.

Kabagsunda Polres Padangpariaman, Kompol Amral mengatakan pelatihan tersebut dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris personelnya.

"Terlebih personel yang ditugaskan di Bandara Internasional Minangkabau," ujarnya.

Ia mengatakan tahun depan pihaknya juga akan melatih personel untuk berbahasa Inggris guna mengantisipasi jika berhadapan dengan wisatawan asing.

Selain itu dirinya akan menekankan kepada personel agar mengembangkan kemampuan bahasa Inggris tersebut sehingga ilmu yang diperoleh saat pelatihan tidak hilang. (*)