Sumbar lanjutkan program kursus bahasa Korea pada 2024

id korea selatan,kursus bahasa korea,bea siswa kursus bahasa korea,pemprov sumbar

Sumbar lanjutkan program kursus bahasa Korea pada 2024

Perwakilan JBICA, Program specialist/International Promotion Team, Baek Cheongha bertukar cinderamata dengan Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sumbar Doni Rahmat Samulo, di Padang, Kamis. (ANTARA/Miko Elfisha)

Padang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melanjutkan kerja sama dengan Provinsi Jeollabuk-do, Korea Selatan untuk membuka kursus bahasa Korea pada 2024.

"Kursus bahasa Korea pada 2023 dinilai sukses, karena itu kita sepakat untuk melanjutkan pada 2024 dengan jumlah peserta yang lebih banyak," kata Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Sumbar Doni Rahmat Samulo, di Padang, Jumat.

Ia mengatakan pada 2023, kursus diberikan pada 60 orang untuk tingkat elementary atau dasar. Sementara untuk tahun 2024 akan dibagi sebagian elementary dan sebagian intermediate atau tingkat lanjut.

"Kita sepakat untuk menyediakan kuota bagi 100 orang peserta pada 2024. Dua kelas masing-masing 25 orang untuk elementary dan dua kelas untuk intermediate," katanya.

Menurutnya peserta yang mengambil kelas intermediate, terutama pegawai negeri sipil (PNS) berpeluang untuk mendapatkan program kerja sama lanjutan seperti magang ke Provinsi Jeollabuk-do, Korea Selatan.

Lulusan SMA/SMK juga memiliki kesempatan untuk berkuliah di Korea Selatan. "Kerja sama ini tengah kita jajaki agar siswa kita yang kuliah di Korea Selatan bisa mendapatkan beasiswa penuh," ujarnya.

Doni mengatakan selain program itu, kerja sama Sumbar-Jeollabuk-do, Korea Selatan juga menyasar pada sektor pariwisata, salah satunya untuk menarik kunjungan wisatawan.

"Dinas Pariwisata Sumbar menyiapkan program fam trip untuk menarik wisatawan asal Korea ke Ranah Minang," katanya.

Sebelumnya President of Jeonbuk International Cooperation Agency, Daesik Kim secara virtual menyambut positif terlaksananya kursus bahasa Korea di Sumbar yang melahirkan lulusan pertama dan berharap ke depan kerja sama bisa dipererat untuk memperluas minat dan pemahaman tentang Jeallobuk-do.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Sumbar lanjutkan program kursus bahasa Korea pada 2024