Bupati Solok Harapkan Regenerasi Anggota Yasinan

id Gusmal

Bupati Solok Harapkan Regenerasi Anggota Yasinan

Bupati Solok Gusmal.

Arosuka, (Antara Sumbar) - Bupati Solok, Sumatera Barat, Gusmal mengharapkan adanya regenerasi anggota yasinan atau kelompok mengaji yang lebih muda untuk melestarikan al-quran saat acara pawai taaruf dan MTQ kelompok Yasinan Darussalam di Mesjid Daruttaqwa Paninggahan.

Gusmal di Paninggahan, Selasa mengatakan perlunya ada regenerasi kelompok yasinan yang biasanya didominasi oleh orangtua. Untuk itu, Solok perlu melakukan regenerasi untuk masa yang akan datang.

"Anak muda juga harus dilibatkan dalam acara-acara keaagamaan dan aktivitas islami untuk memperkaya pengetahuan mereka," ujarnya.

Ia mengatakan sangat mengapresiasi dan bangga dengan kegiatan dari kelompok yasinan Darussalam ini, yang banyak sekali manfaatnya bagi jamaah sendiri. Jamaah juga dapat mengajak anaknya untuk turut serta dalam acara.

"Saya yakin masih banyak masyarakat kita yang berbeda-beda dalam tata cara beribadah seperti pelaksanaan sholat, maka dari itu kelompok yasinan dapat berperan dalam menyamakan pemahaman dalam tata cara beribadah tersebut," katanya.

Ia berharap kepada setiap kelompok yasinan untuk membuat silabus pengajaran, sehingga ilmu yang didapatkan terus bertambah.

Ia melanjutkan untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Solok menjadi masyarakat yang alqur'ani, hal ini bisa dimulai dari jamaah yasinan ini. Selain itu, kelompok yasinan juga dapat menggiatkan kegiatan subuh berjemaah dan magrib Al Quran.

Sedangkan Ketua Yasinan Ja far Dt Maninjun mengatakan kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh kelompok yasinan Darussalam.

"Acara ini biasanya diadakan dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan, tetapi kali ini kami mengadakan setelah lebaran," ujarnya.

Ia menyebutkan hingga kini jumlah anggota yasinan Darussalam berjumlah 959 orang yang terbagi dalam 19 kelompok dari seluruh nagari di kecamatan

Junjung Sirih.

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan lomba pawai taaruf dan MTQ antar kelompok yasinan. Acara ini berlangsung selama 3 hari.

Acara ini juga dihadiri asisten II H. Suharmen, staf ahli Aliber Mulyadi, Kepala OPD lingkup pemda Kabupaten Solok, Camat Junjung Sirih Herman, dan Ketua Yasinan Jafar Dt Maninjuna. (*)