Puncak Arus Balik di Padang Luar Diprediksi Sabtu

id Padang Luar, Arus Balik, Lebaran, Bukittinggi

Petugas kepolisian mengatur arus lalu lintas di Padang Luar, Kabupaten Agam, Kamis(29/6). (ANTARA SUMBAR/ Ira Febrianti)

Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Puncak arus balik lebaran melewati wilayah Padang Luar, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), diprediksi terjadi pada Sabtu (1/7).

"Diperkirakan Sabtu (1/7) akan menjadi puncak arus balik melewati Padang Luar karena pada Senin(3/7) pegawai sudah mulai masuk kerja," kata Kepala Pos Pengamanan Padang Luar, Iptu Nusyirwan di Padang Luar, Kamis.

Ia menyebutkan untuk menghadapi arus balik, 11 personel Satuan Lalu Lintas dari Polres Bukittinggi siap melakukan pengamanan di titik tersebut.

Pada mudik dan libur lebaran 2017, ia mengatakan kondisi kepadatan lalu lintas di wilayah yang menjadi jalur masuk ke Bukittinggi dari Padang itu mengalami penurunan hingga 30 persen.

Menurutnya hal itu disebabkan karena masyarakat lebih banyak menggunakan jalur alternatif untuk masuk ke Bukittinggi atau menghindari melewati Bukittinggi bagi yang ingin ke Payakumbuh.

Jalur alternatif yang digunakan yaitu melewati Koto Baru menuju Batu Palano, Sungai Pua, Bukik Batabuah kemudian belok kanan menuju Lasi lalu belok kiri ke Biaro.

"Karena hal itu, fokus kepadatan lalu lintas pada mudik dan libur lebaran kali ini lebih tampak terjadi di wilayah Baso," ujarnya.

Perwira Pengendali Arus Lalu Lintas Kawasan Padang Luar dan Jambu Air, Ipda Saherman menambahkan di Padang Luar kondisi kepadatan lalu lintas lebih disebabkan karena adanya persimpangan yang menjadi titik temu kendaraan dari empat arah.

"Menghadapi arus balik, kami akan tempatkan petugas di simpul kepadatan yaitu di Simpang Padang Luar, pasar Padang Luar, Simpang Jambu Air dan arah menuju ke Maninjau dan Ladang Laweh," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar