Pemkab Agam lakukan antisipasi kemacetan di Padang Luar selama mudik

id Pemkab Agam,Bupati Agam Andri Warnan,berita agam,berita sumbar,Dishub ,antisipasi kemacetan di Padang Luar

Pemkab Agam lakukan antisipasi kemacetan di Padang Luar selama mudik

Bupati Agam Andri Warnan bersama pengurus pasar membahas antisipasi kemacetan. Dok HO/Humas Pemkab Agam

Lubukbasung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat fokus mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas di Padang Luar, Kecamatan Banuhampu yang selama ini rawan macet selama arus mudik Idul Fitri.

Bupati Agam Andri Warman di Lubuk Basung, Senin, mengatakan telah memerintahkan kepala Dinas Perhubungan Agam untuk melakukan rekayasa lalu lintas di daerah itu.

"Saya menugaskan Kepala Dinas Perhubungan Agam Andrinaldi untuk berkoordinasi dengan Polresta Bukittinggi, pemerintahan nagari dan Pengelola Pasar Padang Luar dalam hal penataan lalu lintas selama Idul Fitri 1445 Hijriyah, terutama pada hari pasar di Padang Luar Kecamatan Banuhampu," katanya.

Ia mengatakan saat ini tinggal hitungan hari memasuki Idul Fitri dan pada umumnya perantau serta masyarakat yang bersilaturahmi di hari tersebut akan saling mengunjungi.

Degan kondisi itu, sudah dipastikan ruas jalan di depan Pasar Padang Luar terutama pada hari pasar akan macet karena pasar tumpah.

"Saya berharap ini bisa tertangani nanti dengan baik," katanya.

Sementara Ketua Pengelola Pasar Padang Luar Ade Maulia mengatakan penanganan lalu lintas di depan Pasar Padang Lua akan efektif dengan melibatkan aparat kepolisian lalu lintas serta pengamanan oleh Satpol PP Agam.

"Kemacetan terjadi selain pedagang yang berjualan hingga tumpah ke pinggir jalan, juga karena ada angkutan yang parkir di pinggir jalan baik menunggu maupun menurunkan penumpang," katanya.

Ia menambahkan penangan pedagang menjadi urusan pengurus pasar dengan bantuan Satpol PP.

Sementara pengaturan lalu lintas dan kendaraan yang parkir dibantu anggota Polres Bukittinggi dan Dinas Perhubungan Agam.

"Kami berharap dibantu Polresta Bukittinggi, Satpol PP dan Dishub Agam," katanya.