Solok Selatan Mendapat Tambahan Bantuan Perumahan

id KemenPUPR, Bantuan Perumahan, Solok Selatan

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) menambah bantuan perumahan untuk Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat sebanyak 420 unit sehingga menjadi 642 unit pada 2017.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Solok Selatan, Jon Kapi di Padang Aro, Senin, mengatakan pada tahap pertama melalui Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) regular bantuan perumahan hanya 222 unit dan ditambah lagi melalui BSPS strategis sebanyak 420 unit lagi sehingga menjadi 642 dengan anggaran Rp9,6 miliar.

"Dari 420 BSPS tahap dua, 270 unit sudah diverifikasi oleh tim dari kementerian sedangkan sisanya masih menunggu", tambahnya.

Akan tetapi, sebutnya surat keputusan resminya sampai sekarang belum ada namun secara lisan pihak kementerian sudah memastikan jumlah bantuan ini.

Ia menjelaskan bantuan BSPS strategis ini disebar ke tiga kecamatan yaitu Koto Parik Gadang Diateh di Nagari Pakan Rabaa 87 unit dan Pakan Rabaa Timur 75 unit.

Selanjutnya, Sungai Pagu di Nagari Pasir Talang Barat 25 unit, Pasir Talang Selatan 27 unit, Koto Baru 38 unit, Bomas 64 unit dan Pasir Talang Timur 29 unit.

Terakhir di Kecamatan Sangir hanya di satu Nagari yaitu Lubuak Gadang Timur sebanyak 75 unit.

"Bantuan BSPS strategis sama dengan BSPS regular yaitu berupa bahan bangunan sedangkan pelaksanaannya secara swadaya," katanya.

Untuk BSPS regular, terangnya Solok Selatan dibantu sebanyak 222 unit dan sekarang sudah memasuki tahap kontrak dengan toko bangunan untuk menyediakan bahannya.

"BSPS regular sudah tahap pembelian bahan bangunan dan segera dikerjakan oleh penerima manfaat," tambahnya.

Untuk BSPS regular diperuntukkan bagi masyarakat di dua Kecamatan yaitu Pauah Duo sebanyak 69 unit dengan rincian di Nagari Kapau Alam Pauah Duo 43 unit dan Pauah Duo Nan Batigo 26 unit.

Selanjutnya Kecamatan Sangir Jujuan di Nagari Bidar Alam 24 unit, Lubuak Malako 40 unit, Padang Air Dingin 62 unit dan Padang Limau Sundai 27 unit.

"Khusus di Nagari Padang Air Dingin pengawasan serta pendistribusiannya diserahkan pada PKK Kabupaten itu," ujarnya. (*)