Warga Sutera Diimbau Kurangi Aktivitas di Muara Terkait Buaya

id Buaya, Muara, Pesisir Selatan

Buaya. (FOTO ANTARA/Septianda Perdana)

Painan, (Antara Sumbar) - Pejabat Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat mengimbau warga Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan mengurangi aktivitas di sekitar muara terkait keberadaan seekor buaya.

"Kurangi aktivitas di sekitar muara dan bagi nelayan kami imbau meningkatkan kewaspadaan selama beraktivitas," kata Wakil Komandan BKSDA Sumatera Barat, Zulmi Gusrul dihubungi di Painan, Kamis.

Imbauan tersebut diberikan terkait berkembangnya informasi adanya seekor buaya di Muara Sungai Batang Surantih kecamatan setempat yang beberapa kali menampakkan diri sejak dua pekan terakhir.

"Kami akan segera turun ke lapangan melakukan penangkapan sebelum terjadinya konflik antara manusia dan buaya," ujarnya.

Tokoh masyarakat setempat yang juga menjabat sebagai Wali nagari atau Kepala Desa Adat Rawang Gunung Malelo, Seri menduga buaya tersebut merupakan buaya peliharaan masyarakat setempat yang lepas.

"Buaya peliharaan masyarakat Muara Sakai Inderapura beberapa kali lepas hingga ke Muara Sungai Batang Surantih walau demikian kewaspadaan harus tetap ditingkatkan," katanya.

Ia mengemukakan informasi keberadaan buaya mendapat perhatian dari masyarakat sekitar. Sejak informasi berkembang baik pagi dan sore hari Muara Batang Surantih selalu ramai dikunjungi masyarakat yang penasaran.

"Informasi yang saya dapatkan dari warga yang melihat, buaya diperkirakan memiliki panjang lebih kurang dua meter," ujarnya.

Sebagai tokoh masyarakat ia berharap tim BKSDA segera turun ke lapangan dan begitu juga jika buaya itu merupakan peliharaan diimbau pemiliknya segera menjemput. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar