Solok Selatan bantu korban banjir Pesisir Selatan

id PEMKAB Solok Selatan,BERITA Solok Selatan,BERITA SUMBAR,PT Supreme Energi Muara Labuh ,banjir pessel

Solok Selatan bantu korban banjir Pesisir Selatan

Pemerintah Kabupaten Solok Selatan mengantarkan bantuan sosial kepada korban banjir dan tanah longsor di Kabupaten Pesisir Selatan. Antara/Erik

Padang Aro (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatra Barat menyalurkan bantuan dari masyarakat dan perusahaan bagi korban banjir dan longsor di Pesisir Selatan yang melanda daerah itu pada 7 Maret 2024.

Wakil Bupati Solok Selatan Yulian Efi, di Padang Aro, Selasa, mengatakan bantuan yang diberikan yaitu tunai Rp 25 juta dan dari PT Supreme Energi Muara Labuh Rp5,6 juta serta pakaian layak pakai yang dihimpun oleh Dharma Wanita Persatuan, bantuan sosial seperti kebutuhan pokok, alat rumah tangga, family kit.

"Kami berharap bantuan ini dapat bermanfaat dan meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana alam di Pesisir Selatan," ujarnya.

Ia turut prihatin atas terjadinya bencana alam banjir dan longsor yang menimpa sebagian warga Kabupaten Pesisir Selatan sehingga berbagai kalangan di Solok Selatan menghimpun bantuan.

Sebagai bentuk keperdulian ini, Wakil Bupati Solok Selatan H Yulian Efi beserta jajaran datang langsung ke Pesisir Selatan menyerahkan beberapa bantuan.

Wabup dan rombongan diterima oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pesisir Selatan, Mawardi Roska dan jajaran OPD terkait.

"Mari kita sama-sama berdoa semoga musibah ini cepat berlalu dan korban bencana alam diberikan ketabahan," katanya.

Bantuan dari pemerintah dan masyarakat Solok Selatan disalurkan pada Senin 25/3 yang diantarkan langsung oleh Wakil Bupati didampingi OPD terkait dan diterima oleh Sekretaris Daerah Pesisir Selatan Mawardi Roska.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, memperpanjang masa tanggap darurat banjir dan longsor di daerah itu selama 14 hari ke depan terhitung sejak 22 Maret hingga 4 April 2024.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan mengungkapkan kerugian akibat banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi di Pesisir Selatan pada 7 Maret 2024 diperkirakan mencapai Rp1 triliun.

Kepala Ex officio Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesisir Selatan Mawardi Roska menyebutkan, berdasarkan data yang sudah masuk dan dianalisis, jumlah kerugian aset daerah maupun harta benda milik masyarakat diperkirakan mencapai Rp1 triliun.

Kerugian terbesar di antaranya 537 rumah rusak berat, 2.749 rusak sedang, dan 7.048 rusak ringan. Sementara ribuan ternak mati, sapi 666 ekor, delapan ekor kerbau, 357 ekor kambing, 36.527 ekor ayam, dan 19.210 ekor itik.

Menurut Mawardi yang juga Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Selatan itu, pendataan masih terus dilakukan dan secara bertahap disampaikan kepada pemerintah.