Pemkab Agam Peroleh Bantuan 9.000 Vaksin Rabies

id Vaksin Rabies

Pemkab Agam Peroleh Bantuan 9.000 Vaksin Rabies

Vaksin Rabies. (Antara)

Lubuk Basung, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, memperoleh bantuan sebanyak 9.000 dosis vaksin rabies dari Pemerintah Provinsi Sumbar untuk memvaksin hewan peliharaan masyarakat seperti anjing dan kucing.

Kepala Dinas Pertanian Agam Afdhal didampingi Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Farid Muslim di Lubuk Basung, Jumat, mengatakan pemberian vaksin ini akan dilakukan oleh dokter hewan dan petugas yang ada di delapan Unit Pelayanan Teknis (UPT) kesehatan hewan.

Ia mengatakan pada 2016 Dinas Pertanian telah memvaksin sebanyak 6.693 ekor hewan peliharaan masyarakat. Pemberian vaksin ini untuk memutus mata rantai virus rabies karena kasus rabies masih sangat tinggi di Agam.

Terdapat sebanyak 27 kasus gigitan anjing pada 2016. Dari 27 kasus itu enam gigitan negatif dan 21 kasus positif rabies berdasarkan hasil laboratorium Balai Besar Veteriner Kecamatan Baso.

Sementara pada 2015 terdata sebanyak 30 kasus gigitan anjing, 2014 sebanyak 33 kasus, dan 2013 sebanyak 24 kasus.

Ia menyebutkan untuk meminimalisir kasus rabies Dinas Pertanian juga melakukan eliminasi anjing liar dan menyosialisasikan bahaya rabies kepada masyarakat.

"Kegiatan ini setiap tahun diadakan dengan harapan agar kasus rabies terus berkurang," katanya.

Sementara itu Anggota DPRD Agam Yuspidar mendukung upaya Dinas Pertanian dalam meminimalisir kasus rabies di daerah itu.

Ia meminta eliminasi anjing liar dilakukan merata di seluruh jorong dan menyosialisasikan bahaya rabies kepada warga secara rutin.

"Jika dilakukan secara konsisten saya yakin kasus rabies akan berkurang karena jika hewan peliharaan sehat maka masyarakat juga tidak akan terjangkit rabies," katanya. (*)