Pemkab Agam adakan pemberian vaksin rabies secara gratis

id Pemkab Agam,Berita agam,Berita sumbar,Puskeswan Lubuk Basung

Pemkab Agam adakan pemberian vaksin rabies secara gratis

Kegiatan pemberian vaksin rabies secara gratis di Puskeswan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Rabu (27/9). Dok Dinas Pertanian Agam

Lubukbasung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat mengadakan pemberian vaksin rabies bagi hewan peliharaan milik warga secara gratis di lima Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) di daerah itu, Rabu (27/9), dalam rangka hari rabies se dunia.

Kepala Dinas Pertanian Agam Afniwirman di Lubuk Basung, Rabu, mengatakan pemberian vaksin rabies itu serentak diadakan di lima Puskeswan di daerah itu.

"Masing-masing Puskeswan memberikan 250 vaksin untuk 250 ekor hewan peliharaan berupa anjing, kucing, kera dan lainnya," katanya.

Ia mengatakan, lima Puskeswan itu yakni, Puskeswan Lubuk Basung meliput Kecamatan Lubuk Basung, Tanjung Raya dan Tanjung Mutiara. Puskeswan Salareh Aia meliput Kecamatan Ampek Nagari dan Kecamatan Palembayan.

Lalu, Puskeswan Ambun Pagi meliputi Kecamatan Matur, Ampek Koto, Malalak. Puskeswan Koto Hilalang meliput Kecamatan Ampek Angkek, Banuhampu, Sungai Pua, Canduang.

Selain itu, Puskeswan Magek meliput Kecamatan Baso, Kamang Magek, Tilatang Kamang dan Palupuh.

"Pemberian vaksin rabies itu dalam tangka hari rabies se dunia dan kegiatan itu rutin digelar setiap tahunnya," katanya.

Ia menambahkan, Dinas Pertanian Agam telah menyosialisasikan kepada masyarakat agar membawa hewan peliharaan ke Puskeswan untuk mendapatkan vaksin rabies tersebut.

Pemberian vaksin rabies tersebut diberikan secara gratis, agar pelaksanaan berjalan dengan lancar dan hewan peliharaan masyarakat terhindar dari rabies.

Dengan cara itu, maka kasus rabies di daerah tersebut berkurang dan warga terhindar dari virus mematikan itu.

"Setiap bulan sekitar 100 kasus gigitan hewan peliharaan penular rabies dan kasus rabies sekitar 50 persen dari kasus gigitan itu," katanya.