Padang Fokuskan Dana Hibah untuk Pelatihan Keterampilan

id pelatihan kerja

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat, lebih mengalokasikan dana hibah pada 2017 untuk melatih keterampilan warga setempat daripada bantuan pembangunan fasilitas guna meningkatkan keahlian yang dibutuhkan di dunia kerja.

"Bantuan pembangunan fasilitas akan dikurangi karena kami ingin meningkatkan potensi yang dimiliki warga melalui motivasi dan pelatihan," kata Wali Kota Padang Mahyeldi Ansyarullah di Padang, Rabu.

Ia mengatakan bantuan pembangunan fasilitas hanya akan diberikan apabila ada program dari pemerintah pusat atau provinsi.

Pelatihan tersebut, lanjutnya juga merupakan tindaklanjut kedatangan perwakilan dari Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) pada Selasa (28/12).

"Datangnya BNP2TKI karena Padang memiliki potensi terlebih Pemkot sering menggelar pelatihan setiap tahunnya," katanya.

Mahyeldi mengatakan pelatihan tersebut akan dilaksanakan Mei 2017 yang dananya berasal dari pemerintah pusat dan Pemkot Padang.

"Oleh karena itu warga Kota Padang harus memanfaatkan peluang untuk berlatih dan ," ujarnya.

Sementara itu Sekretaris Dinas Perindustrian Perdagangan Pertambangan dan Energi Kota Padang Nasril mengatakan sepanjang 2016 pihaknya telah melakukan beberapa pelatihan serta memunculkan potensi warga melalui Achievement Motivation Training (AMT) atau pelatihan motivasi prestasi.

"AMT digelar selama satu minggu pada November lalu dengan mencari, melatih dan meningkatkan keahlian warga yang dimiliki," katanya. (*)

Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar