Pasbar Berikan Bonus Rp2,5 Miliar Atlet Peraih Medali Porprov

id bonus atlet

Pasbar Berikan Bonus Rp2,5 Miliar Atlet Peraih Medali Porprov

Wakil Bupati Pasaman Barat Yulianto menyerahkan bonus Atlet Rp2,5 miliar kepada atlet peraih medali pada ajang Porprov. (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat menyerahkan secara simbolis bonus bagi atlet dan pelatih pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat sebanyak Rp2,5 miliar di Balerong Tuah Basamo, Selasa.

Bonus atlet berpretasi itu langsung diserahkan oleh Wakil Bupati Pasaman Barat, Yulianto dan Sekretaris Dearah, Manus Handri kepada peraih medali pada ajang Porprov Sumbar November 2016 lalu.

Wakil Bupati Pasaman Barat, Yulianto mengaku bangga atas prestasi yang ditorehkan para atlet tersebut karena berhasil meraih 25 emas, 20 perak dan 36 perunggu.

"Saya bangga, karena berhasil naik peringkat dibandingkan pada ajang sebelumnya dari peringkat 18 menjadi peringkat 12," kata Wakil Bupati, Yulianto.

Ia mengucapkan terima kasih kepada para atlet, pelatih dan ofisia yang telah berjuang mengharumkan nama Pasaman Barat di tingkat provinsi.

Bonus yang diberikan untuk atlet tersebut adalah Rp 30 juta buat atlet perorangan yang memperoleh emas, Rp 18 juta perak, dan Rp12 juta perunggu.

Sedangkan bonus atlet beregu emas Rp12 juta, perak Rp8 juta, perunggu Rp5 juta dan untuk pelatih peraih emas beregu, Rp12 juta, perak Rp9 juta dan perunggu Rp5 juta.

Ia mengharapkan kedepannya harus mempersiapkan atlet sejak dini untuk menghadapi pesta olahraga dua tahunan itu pada 2018 mendatang di Kabupaten Padang Pariaman.

"Atlet harus dipersiapkan sedini mungkin, persiapan harus lebih matang lagi. Perbanyak lagi porsi latih tanding untuk meraih prestasi gemilang pada ajang Porprov mendatang. Untuk bonus akan kita tambah tahun depan," ujarnya.

Ia menyebutkan untuk mencari bibit atlet terbaik, budaya olahraga harus kembali dihidupkan di tengah-tengah masyarakat. Di setiap kampung, harus diselenggarakan kegiatan pertandingan olahraga.

Ia juga menyebutkan, mengharapkan dinas terkait dan KONI agar mempersiapkan atler menghadapi ajang Porprov ke-15 di Kabupaten Padang Pariaman pada 2018.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Manus Handri mengatakan dari 24 cabang olahraga yang diikuti, kontingen Pasaman Barat meraih 25 emas, 20 perak dan 36 perunggu.

"Ada 25 emas yang kita raih, dari 24 cabor yang kita ikuti. Dari 34 cabang olahraga yang dipertandingkan, Pasaman Barat hanya mengikuti 24 cabang saja," jelasnya.

Pada ajang Porprov ke-14 itu, pihaknya mengirim 430 orang kontingen. Terdiri dari 270 atlet, 26 ofisial, 73 orang panitia kerja, 31 pelatih dan 30 asiten pelatih. Seluruh atlet daerah itu diasuransikan selama mengikuti ajang Porprov tersebut. (*)