Kapolda: Warga Sumbar Ikut Aksi Damai 595 Orang

id aksi damai 212

Padang, (Antara Sumbar) - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat (Sumbar) mencatat jumlah warga Sumbar yang berangkat ke Jakarta mengikuti Aksi Bela Islam Jilid III berjumlah 595 orang melalui jalur darat dan udara.

"Sebanyak 571 orang itu diberangkatkan melalui 14 unit bus dengan tambahan 24 orang yang berangkat melalui pesawat," kata Kapolda Sumbar, Brigjen Pol Basarudin di Padang, Jumat.

Ia mengungkapkan dalam melakukan pendataan pihaknya melakukan secara mendetail dengan menghubungi seluruh pemilik bus kapasitas besar dan kecil. Serta bekerja sama dengan pihak penerbangan melakukan pendataan.

"Total dari data yang kita miliki data warga yang berangkat ke Jakarta hanya sekitar 595 orang bukan 14 ribu orang seperti yang 'berhembus' belakangan ini," tuturnya.

Dirinya juga membantah ada warga Sumbar yang berangkat ke Jakarta dengan menyewa dua unit pesawat. Selain menggunakan bus besar, sebagian masyarakat hanya menggunakan mobil pribadi.

"Tidak benar itu ada warga yang berangkat menyewa pesawat, bohong itu!," katanya.

Bahkan, lanjutnya pihak kepolisian dari sini juga ikut dalam keberangkatan. Mereka melakukan pengawalan dan melaporkan kepadanya terkait warga Sumbar yang berada di Jakarta.

"Selain itu polisi dari Lampung juga memberikan laporan kepada kita terkait data warga yang benar-benar bertujuan untuk mengikuti aksi tersebut,"katanya.

Ia mengimbau kepada masyarakat yang tinggal untuk mendoakan seluruh saudara kita yang berangkat ke Jakarta untuk mengikuti aksi agar seluruh kegiatan berjalan aman dan lancar.

"Selain itu kita juga doakan mereka selesai acara berakhir mereka bisa pulang selamat sampai ke tempat tujuan masing-masing," ucapnya. (*)