Kapolda Sumbar: Wujudkan pemilu damai tanpa hoaks

id Polda,Polisi,Politik,Padang,Sumbar

Kapolda Sumbar: Wujudkan pemilu damai tanpa hoaks

Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono berfoto bersama dengan peserta Forum Group Discussion terkait Pemilu 2024 di Padang, Selasa (6/2/2024). ANTARA/HO-PoldaSumbar

Padang (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Sumatra Barat (Sumbar) mengajak seluruh masyarakat di provinsi setempat agar sama-sama mewujudkan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 damai tanpa hoaks.

Hal itu dikatakan oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol. Suharyono saat membuka kegiatan kelompok diskusi terarah (Forum Group Discussion) dalam menjaga Harkamtibmas selama Pemilu 2024 di Padang, Selasa (6/2).

"Mari sama-sama menjaga kedamaian Pemilu 2024 tanpa membuat hoaks atau ikut menyebarkannya," kata Suharyono di hadapan peserta.

Ia mengatakan kebiasaan saring sebelum sharing benar-benar harus dilakukan ketika menerima sebuah informasi, apalagi ketika berselancar di internet atau media sosial.

Karena Hoaks atau informasi yang tidak benar dapat menimbulkan perpecahan atau permusuhan di kalangan masyarakat, dan mengganggu keamanan dan kondusifitas.

"Kami dari Polda Sumbar juga terus melakukan patroli siber untuk mengantisipasi beredarnya hoaks serta tindakan pelanggaran lain yang berbasis elektronik," jelasnya.

Selain hoaks, Suharyono juga mengajak masyarakat untuk menghindari tindakan-tindakan yang berbau provokasi dan politik identitas.

Ia mengatakan peran aktif dari berbagai unsur masyarakat diperlukan untuk memelihara persatuan dan kesatuan masyarakat (Harkamtibmas) dengan cara membentengi diri dari berbagai pengaruh negatif.

"Caranya adalah tanamkan jiwa patriotisme serta nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari, pupuk rasa persatuan dan kesatuan," katanya.

Kapolda Sumbar juga menjamin rasa aman bagi lapisan masyarakat baik itu peserta Pemilu 2024 ataupun pemilih, tanpa rasa takut ataupun intimidasi.

"Kami dari TNI dan Polri siap mengamankan pesta demokrasi dan mewujudkan Pemilu yang damai di Sumbar," katanya.

Pada bagian lain, kegiatan FGD dihadiri oleh beberapa Pejabat Utama Polda Sumbar, Forkopimda Sumbar, KPU Sumbar, Bawaslu Sumbar, Ketua LKAAM Sumbar, Pengurus Parpol, Ormas serta tokoh masyarakat.