Pj Gubernur Papua Selatan tinjau kesiapan pemilu di Kabupaten Asmat

id Pj Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo,pemilu 2024, pemilu damai, kesiapan pemilu,kpu papua selatan,pilpres 2024

Pj Gubernur Papua Selatan tinjau kesiapan pemilu di Kabupaten Asmat

Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Papua Selatan Apolo Safanpo (baju putih) memberikan arahan terkait dengan kesiapan Pemilu 2024 di Kabupaten Asmat, Selasa (13/2/2024). ANTARA/Muhammad Zulfikar.

Kabupaten Asmat (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Papua Selatan Apolo Safanpo meninjau langsung kesiapan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 14 Februari 2024 di Kabupaten Asmat, Selasa.

"Kami datang ke sini untuk memastikan kesiapan beberapa hal terkait dengan penyelenggaraan pemilu," kata Pj Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo di Kabupaten Asmat.

Safanpo mengatakan peninjauan tersebut untuk memastikan distribusi logistik sudah tersalurkan ke 23 distrik atau kecamatan di kabupaten berjuluk "Kota Seribu Papan".

Termasuk juga kotak suara, tinta, formulir hingga kesiapan pihak penyelenggara dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu Kabupaten Asmat.

Selain itu, kunjungan Safanpo ke Distrik Agats yang merupakan ibu kota kabupaten Asmat sekaligus memastikan infrastruktur seperti Tempat Pemungutan Suara (TPS), hingga perangkat yang ditugaskan yakni Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Panitia Pemungutan Distrik (PPD).

Sementara itu, Ketua KPU Papua Selatan Theresia Mahuze mengatakan menjelang pemungutan suara Pemilu 14 Februari 2024, KPU telah menjadwalkan pemantauan di empat kabupaten di provinsi tersebut.

"KPU ingin memastikan semua sarana dan prasarana serta perangkat yang nantinya bertugas harus clear," kata dia.

Selain logistik, Theresia juga mengingatkan tugas penting para KPPS yang akan bekerja keras melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara.

"Jadi, sesuai regulasi, H-1 pemungutan suara semua TPS harus sudah dibangun," kata dia menegaskan. Tambahan informasi untuk jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Kabupaten Asmat ialah sebanyak 80.122 orang dengan 352 TPS yang tersebar di 224 kampung.

KPU Provinsi Papua Selatan menetapkan DPT sebanyak 367.269 pemilih dengan 1.770 TPS di empat kabupaten.

L