Warga Temukan Granat Aktif di Nanggalo

id granat

Warga Temukan Granat Aktif di Nanggalo

GRANAT. (FOTO ANTARA/Nyoman Budhiana)

Padang, (Antara Sumbar) - Seorang pria menemukan benda yang diduga sebagai granat jenis nanas pada Minggu pagi di kawasan Gunung Pangilun, Kecamatan Nanggalo Kota Padang ketika tengah berolahraga pagi.

"Saya sedang melakukan tugas menjaga kantor Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Gunung Pangilun, tiba- tiba seorang lelaki memberikan benda yang ditemukannya kepada saya," kata Satpam PDAM Yudi Andesco (28) di Padang Selasa.

Mengetahui benda yang ditemukan oleh pria itu sebuah granat, dirinya langsung menyerahkan kepada pihak kepolisian karena khawatir benda itu akan meledak.

"Saya sudah mengetahui benda tersebut adalah sebuah granat makanya cepat saya serahkan kepada pihak polisi," terangnya.

Kapolsek Nanggalo Ajudan Komisaris Polisi (AKP) Gusdi membenarkan ada warga yang menemukan granat yang diduga masih aktif di wilayah hukum Polsek Nanggalo.

"Demi mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, granat itu langsung dimasukan ke dalam ember yang berisi pasir dengan tujuan agar tidak meledak," katanya.

Dia menyebutkan setelah mengamankan benda tersebut pihaknya langsung melakukan penanggulangan awal.

"Benda itu ditemukan dekat longsoran bukit di kawasan Gunung Pangilun, granat itu diduga masih aktif selanjutnya kita koordiansikan kepada pihak Polresta Padang," kata dia.

Menurutnya sejak ditemukan pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan pihak Mapolresta Padang. Pada Senin pagi pihak Polresta langsung menjemput granat tersebut ke Mapolsek Nanggalo sebelum diserahkan kepada Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) Brimob Polda Sumbar.

"Granat ini diduga berasal dari zaman peperangan kemerdekaan dahulu, untuk menindaklanjuti penemuan ini granat telah diserahkan kepada tim Jihandak Polda,"katanya. (*)