Bekraf Gelar Bekup 2.0 di Lima Kota

id Hari S. Sungkari

Jakarta, (Antara Sumbar) - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali menggelar Bekraf For Pre-Startup (Bekup) yang kedua di lima kota di Tanah Air guna memfasilitasi calon startup agar bisa terus berkembang.

Gelaran bertajuk Bekup 2.0 itu dilaksanakan 8 Oktober lalu di Medan, Tangerang, Bandung, Malang dan Makassar.

Deputi Bidang Infrastruktur Bekraf Hari S. Sungkari dalam siaran persnya di Jakarta, Selasa, mengatakan Bekup bertujuan untuk meningkatkan jumlah startup berkualitas di Indonesia melalui program untuk membekali calon pendiri startup dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan sehingga pada akhirnya dapat meminimalisasi risiko kegagalan.

Kegiatan itu digagas oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) serta didukung oleh MIKTI (Masyarakat Industri Kreatif TIK/Digital Indonesia) dan PT Telekomunikasi Indonesia.

"Indonesia membutuhkan lebih banyak lagi perusahaan rintisan inovatif. Untuk itu, kami melaksanakan program Bekup sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah perusahaan rintisan yang sukses melalui proses yang sistematis dan terukur," katanya.

Hari berharap, program tersebut akan menjadi dasar/ platform pendukung pertumbuhan jumlah startup nasional.

"Bekup ke depannya akan menjadi suatu platform di mana semua elemen ekosistem yang berperan dalam pertumbuhan jumlah startup sukses dapat berkolaborasi, diantaranya inkubator, akselerator dan investor," ujarnya.

Terdapat empat fase kegiatan yang berkelanjutan dalam program Bekup.

Fase pertama adalah "workshop" yang berfungsi untuk menyampaikan materi pengetahuan dasar.

Fase berikutnya adalah "talent development" yang bertujuan memastikan setiap calon pendiri startup menguasai keterampilan dan keahlian dasar yang diperlukan sesuai peran yang akan dijalaninya di startup yang didirikan, baik sebagai "co-founder" bisnis, teknis maupun kreatif/desain.

Berikutnya, adalah fase "founder preparation" di mana peserta dipersiapkan dengan pengetahuan dan keterampilan halus yang diperlukan sebagai calon pemimpin tim dan pemimpin perusahaan.

Sedangkan pada fase "pre-incubation", peserta sebagai satu tim akan dibimbing dalam mengeksekusi langkah pertama dalam mendirikan startup-nya dengan berfokus pada eksperimen bisnis untuk memastikan ide produk yang akan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pasar.

Program Bekup terbuka bagi mereka yang tertarik untuk terjun ke industri digital dan mendirikan startup. Calon peserta dapat mendaftarkan dirinya melalui www.bekup-portal.com hingga 13 Oktober 2016. (*)

Pewarta :
Editor: Antara Sumbar
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar