Pemprov Sumbar Apresiasi Pariaman Expo

id Pariaman ekspo

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengapresiasi penyelenggaraan Pariaman Expo 2016 Sabtu 13 Agustus 2016, Sumbar guna mempromosikan produk Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) di daerah itu.

"Selama ini pelaku UMKM dan IKM kesulitan untuk mempromosikan produk mereka dan oleh karena itu diperlukan peran pemerintah untuk membantu mereka sehingga produknya dikenal oleh masyarakat luas," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumbar, Zirma Yusri, , di Padang, Minggu.

Meskipun begitu, lanjutnya, pelaku UMKM dan IKM juga harus berupaya meningkatkan kualitas dari produk serta pelayanannya sehingga konsumen nyaman dengan produk dan pelayanan yang diberikan.

Ia juga mengatakan pelaku UMKM dan IKM juga harus memanfaatkan teknologi seperti internet untuk mempromosikan produk mereka sehingga dikenal oleh masyarakat luas.

Selain itu, pelaku UMKM dan IKM juga dapat memanfaatkan kenalan baik yang ada di daerahnya maupun perantau untuk ikut mempromosikan produk mereka kepada masyarakat di mana ia berada.

Pada kesempatan tersebut, Zirma Yusri juga mengapresiasi pelaku UMKM dan IKM dari daerah lain yang juga mengikuti Pariaman Expo 2016 seperti Kota Padang dan Kabupaten Agam karena ikut berpartisipasi serta mau mempromosikan produknya ke daerah lain.

"Saya berharap luas lokasi diselenggarakannya Pariaman Expo kedepannya diperbesar karena saya lihat lokasi yang dapat digunakan untuk menyelenggarakan Pariaman Expo saat ini masih luas namun tidak dimanfaatkan," ujarnya

Ia menambahkan dengan diperbesar lokasi Pariaman Expo nantinya dapat menampung lebih banyak pelaku UMKM, IKM serta pengunjung sehingga tujuan digelarnya acara tersebut tercapai.

Sementara itu, Wali Kota Pariaman, Mukhlis Rahman, mengatakan Pariaman Expo 2016 diselenggarakan dari 13 sampai 21 Agustus yang bertujuan untuk mempromosikan produk UMKM, IKM, dan pariwisata di kota tersebut, serta pembangunan yang telah dicapai selama 14 tahun semejak kota tersebut terbentuk.

"Selain itu, Pariaman Expo 2016 juga bertujuan untuk mempersiapkan pelaku UMKM dan IKM dalam mengadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)," katanya saat pembukaan Pariaman Expo 2016, di Pariaman, Sabtu.

Ia mengimbau baik masyarakat baik yang ada di Kota Pariaman maupun daerah lain untuk datang ke Pariaman Expo 2016 serta kepada pelaku UMKM dan IKM juga harus memanfaatkan acara tersebut dengan sebaik-baiknya. (*)