Produk Kota Solok diminati pada Sibolga Expo 2019

id sibolga ekspo

Produk Kota Solok diminati pada Sibolga Expo 2019

Wali Kota Solok, Zul Elfian saat memperkenalkan produk kerajinan Kota Solok di Sibolga Expo. (Antara Sumbar/Humas)

Solok, (ANTARA) - Produk kerajinan dan kuliner Kota Solok, Sumatera Barat seperti tenun hingga rendang cukup diminati pengunjung dan mendapat tempat tersendiri dalam Sibolga Expo 2019 yang dilangsungkan di lapangan Simare-mare beberapa waktu lalu.

Dalam pameran produk dari berbagai daerah di Indonesia yang digelar dari 25 Maret hingga 2 April 2019 mendatang itu, Kota Solok ikut menawarkan berbagai hasil karya kerajinan karya UMKM mulai dari Batik, Tenun, Songket, Bordiran, Rajutan, dan makanan khas Kota Solok.

Wali Kota Zul Elfian saat berkunjung pada Rabu (28/3) mengatakan Sibolga Expo menjadi salah satu media dalam memperkenalkan produk kerajinan daerah di pasar nasional dan pasar global.

"Ini juga kesempatan emas bagi kami untuk belajar dan meniru bagaimana daerah lain mengemas dan memasarkan produk-produk kerajinan yang dihasilkan," sebutnya.

Pameran kerajinan semacam Sibolga Expo harus sering diikuti Kota Solok untuk semakin menunjukkan dan mengenalkan produk unggulan pada daerah lain sehingga mereka tertarik berkunjung ke Solok.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kota Solok, Zulmiyetti Zul Elfian, berharap seluruh UKM untuk terus melakukan inovasi terhadap produk yang dihasilkan saat melihat berbagai produk yang ikut dalam pameran itu.

"Menghasilkan produk yang berdaya saing menjadi salah satu kunci kemajuan UMKM, untuk itu perlu inovasi terhadap kerajinan yang dihasilkan, tidak saja dari kuantitas namun juga kualitas," ujarnya.

Menurutnya, produk kerajinan juga menjadi salah satu pintu gerbang dalam memperkenalkan potensi daerah bagi wisatawan untuk datang ke Solok. Untuk itu, produk kerajinan yang dihasilkan harus memiliki nilai khas atau unik dan sesuai selera pasar.

Dekranasda Kota Solok juga berharap, ada semacam even serupa yang dilakukan di kota setempat setiap tahunnya dan menjadi kalender daerah untuk menggairahkan pelaku UMKM, juga menjadi media mendatangkan wisatawan ke kota Solok.

"Mewujudkan Visit Kota Solok 2020, diharapkan Kota Solok juga dapat melakukan event sebesar ini juga. Namun memang perlu diperhatikan lagi hotel dan sarana penunjang lainnya," ujarnya.

Sibolga Expo juga menjadi perhatian nasional, sehingga dihadiri sejumlah pejabat negara mulai dari Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita, Jaksa Agung RI, Muhammad Prasetyo dan pejabat daerah.

Dalam pameran tersebut kerajinan Kota Solok Cukup diminati, bahkan istri Menteri perdagangan tertarik membeli Obat Herbal dan Rendang kota Solok, begitu pula dengan istri Wakil Wali Kota Sibolga yang terpikat dengan tenun khas Kota Solok.