PKK KB-Kes Kelurahan Pasar Usang Terbaik Nasional

id PKK KB-Kes Kelurahan Pasar Usang Terbaik Nasional

PKK KB-Kes Kelurahan Pasar Usang Terbaik Nasional

Wali Kota Padang Panjang Hendri Arnis di dampingi Istri Maria Feronika ketika menerima penghargaan Pakarti Madya III 2016 Tingkat Nasional. (())

Usai menerima Piala Adipura yang diserahkan oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla pada Peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia di Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Jumat (22/7) lalu, Ketua TP-PKK Kota Padang Panjang Ny. Maria Feronika Hendri Arnis kembali menerima penghargaan Pakarti Madya III 2016 Tingkat Nasional.

Pemenang Terbaik PKK KB-Kes Kategori Kota itu diserahkan oleh Ketua TP-PKK Pusat Ny.dr.Erni Guntarti Tjahyo Kumolo pada kegiatan Pembukaan Pameran dan Gelar Dagang Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXIII di Kupang, Rabu (27/7).

Selain Ketua TP-PKK Kota Padang Ppanjang Ny.Maria Hendri Arnis, penerimaan penghargaan tersebut juga disaksikan oleh Wali Kota Padang Panjang Hendri Arnis, Kepala BKKBN Sumbar H. Nofrijal, Kepala Kantor Pemberdayaan Perempuan dan KB Kota Padang Panjang Netti Herawati.

Penghargaan tersebut, terkait dengan masuknya PKK KB-Kes Kelurahan Pasar Usang yang menjadi wakil Kota Padang Panjang dan Sumatera Barat pada penilaian tingkat nasional pada awal Mei 2016 silam.

Wali Kota Padang Panjang Hendri Arnis melalui Kabag Humas Ampera Salim ketika dihubungi menyampaikan, keberhasilan Kota Padang Panjang meraih penghargaan Pakarti Madya III 2016 Pemenang Terbaik PKK KB-Kes Kategori Kota.

Sesuai dengan penilaian yang dilakukan oleh tim pusat 2 Mei lalu, untuk melihat sejauh mana kegiatan tim KKG PKK KB-Kes sampai ke tingkat Dasa Wisma dalam menjalankan 10 program pokok PKK pada masyarakat.

"Tidak itu saja indikator keberhasilan KKG PKK KB-Kes juga bisa dilihat dari keberhasilan administrasi, artisipasi masyarakat dalam ber KB dan lainnya," kata Ampera Salim.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kota Padangpanjang Ny. Maria Feronika Hendri Arnis menyebutkan, KKG PKK KB-Kesehatan adalah satu rangkaian kegiatan keterpaduan dan kemitraan yang mengandung empat hal pokok.

Keempat hal pokok itu, pembudayaan hidup bersih dan sehat (PHBS), posyandu, Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) serta keluarga berencana (KB).

Bila dihubungkan dengan program 10 pokok PKK, keempat kegiatan ini terkait dengan banyak Satua Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Tim dari Tingkat nasional menilai Kegiatan Kesatuan Gerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga dan Keluarga Berencana Kesehatan (KKG PKK KB-Kes) Kelurahan Pasar Usang, Kota Padang Panjang.

Maria Feronika Hendri Arnis menyebutkan, dengan diraihnya prestasi tersebut, diharapkan seluruh unsur ikut bersama-sama melakukan pembinaan kader agar dapat mempertahankan prestasi nasional.

Semua unsur harus melibatkan diri dalam rangka pembinaan kader. Apalagi, mempertahankan prestasi yang telah diraih akan lebih sulit dari pada memperolehnya. Kedepannya, ini juga menjadi cambuk bagi kita semua untuk terus berbuat yang lebih baik lagi dalam pembinaan KB-Kes di Kota Padangpanjang, harapnya. (Adv)

teks foto : Wali Kota Padang Panjang Hendri Arnis di dampingi Istri Maria Feronika ketika menerima penghargaan Pakarti Madya III 2016 Tingkat Nasional. (*)