Menhub Harapkan Terminal-3 Tarik Satu Juta Wisman

id Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Terminal-3, Soetta

Tangerang, (Antara Sumbar) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten bisa menarik minat satu juta wisatawan mancanegara per tahunnya.

Budi dalam kunjungan ke Terminal 3 Bandara Soetta, Tangerang, Selasa menjelaskan adanya Terminal 3 Bandara Soetta akan menjadi bandara transit bagi para pelancong mancanegara tersebut.

"Saat ini ada 15 juta penumpang dari Australia ke Tiongkok, India dan sebagainya, kalau dari 15 juta itu lima juta yang transit, kita harapkan satu juta jadi turis," katanya.

Untuk itu, Budi akan mendorong operator, dalam hal ini, Garuda Indonesia untuk membuat penawaran yang menarik kepada penumpang.

"Kita juga sudah memberi tahu Garuda untuk membuat bargaining (penawaran,red) yang lebih baik," katanya.

Budi mengatakan pihaknya juga bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata untuk menjadikan Terminal 3 Bandara Soetta sebagai "gerbang pariwisata".

"Kita tahu bahwa pemerintah sedang melakukan upaya pengkatan jumlah turis, kita usahakan agar lebih baik di penerbangan internasional agar Terminal 3 bisa menjadi lompatan layanan bagi Indonesia dan internasional," katanya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya sebelumnya melakukan kunjungan ke Terminal 3 Soetta dan berharap bisa mendukung promosi pariwisata dengan interior yang menampilkan budaya dari berbagai daerah.

Dia juga berharap Terminal 3 Soetta menjadi hub pariwisata menyaingi Bandara Changi Singapura dan Bandara Kuala Lumpur, Malaysia.

Pengoperasian Terminal 3 Bandara Soetta ditandai dengan penerbangan Maskapai Garuda Indonesia rute Jakarta-Jayapura pada Selasa (9/8) pukul 01.20 WIB.

Saat ini, penerbangan yang dioperasikan baru domestik Garuda Indonesia, penerbangan internasional keseluruhan akan dioperasikan pada Maret 2017.

Berdasarkan pantauan, meskipun belum seluruh fasilitas terbangun, Terminal 3 telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti toilet, musholla, area komersial mulai dari restoran hingga toko buku kendatipun masih bersifat sementara.

Selain itu, penumpang sudah terlihat hilir mudik di Terminal 3 sejak Selasa (9/8) dinihari, menuju gate masing-masing.

Pengoperasian terminal baru tersebut sejalan dengan surat Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Nomor AU.508/1/1/DRJU. DBU-2016, tanggal 2 Agustus 2016, Pengoperasian Terminal 3.

Dalam surat tersebut dinyatakan bahwa setelah melalui proses verifikasi administrasi dan teknis serta evaluasi simulasi operasi pelayanan dan kesisteman, maka Terminal 3 dinyatakan dapat dioperasikan. (*)