Kebun Binatang Kasang Kulim Dipadati Pengunjung

id Kebun binatang

Kampar, (Antara Sumbar) - Ribuan warga dari berbagai kecamatan/kabupaten se Riau memadati lokasi wisata kebun binatang marga satwa Kasang Kulim yang terletak di Jalan Kubang Raya, Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar selama liburan lebaran.

"Lokasi ini menjadi salah satu destinasi wisata bagi masyarakat yang tidak mudik selama hari raya Idul Fitri 1437 Hijriah/2016 Masehi," kata Agustina pimpinan kebun binatang marga satwa Kasang Kulim di Kampar, Riau, Sabtu.

Khususnya warga yang tetap ingin berlebaran di kampung halaman masing-masing dan tidak berniat mudik.

"Termasuk juga para tamu yang kebetulan berlebaran di Riau," terang Agustina.

Walau kebun binatang marga satwa Kasang Kulim di Kampar ini tidak sebesar dan selengkap yang dimiliki daerah lain, namun karena Riau khususnya Pekanbaru sangat minim lokasi wisata, maka destinasi ini tetap jadi pilihan.

Selain jarak tempuh yang tidak begitu jauh dari kota Pekanbaru hanya 1-2 jam, ini juga satu-satunya destinasi kebun binatang di Riau, maka kebanyakan yang datang adalah masyarakat kabupaten tetangga, seperti Siak, Pelalawan, dan sebagainya.

Agustina menjelaskan pengunjung di kebun binatang marga satwa Kasang Kulim di Kampar sudah terlihat pada lebaran pertama.

"Jumat (8/7) pagi pengunjung sudah antri memasuki kebun binatang marga satwa Kasang Kulim ini," katanya lagi.

Menurut Agustina, Kasang Kulim memiliki sebanyak 135 jenis marga satwa. Selain berbagai fasilitas dipersiapkan untuk memanjakan pengunjung yang datang dengan berbagai ivent.

"Kebun binatang ini mendatangkan artis D Academy 3 Indosiar, Tasya, dan artis-artis dari Sumatera Barat. Fasilitas lainya yaitu orgen tunggal, gajah tunggang, taman pancing, out bond, kolom berenang, komedi putar, bendi, dan pasar malam. Gajah tunggang menjadi incaran pengunjung," katanya membeberkan.

Lebih lanjut pihaknya menambahkan kebun binatang marga satwa Kasang Kulim ini buka mulai dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.30 WIB dengan tiket masuk per orang seharga dewasa Rp25 ribu dan anak-anak Rp15 ribu.

Pada lebaran pertama kemarin pengunjung sebanyak 1.000 orang, hari raya kedua sebanyak 2500 orang, dan hari ini Jumat (8/7/2016) pengunjung diprediksi sebanyak 1500 orang mengalami penurunan dikarenakan hari Jumat.

"Puncaknya diprediksi akan terjadi pada Ahad (10/7) kebun binatang ini akan dipadati pengunjung sebanyak 3000 orang," terang dia.

Pihaknya Ahad tersebut akan menyajikan penampilan musik tradisional Calempong asal Kampar.

Suwarno, salah satu pengunjung kebun binatang marga satwa Kasang Kulim, mengatakan, dirinya dan keluarga memilih berwisata kesini untuk menghabiskan waktu libur lebaran 1437 H.

"Anak-anak ingin mengenal jenis-jenis hewan yang ada di kebun binatang, karena cuma ada disini untuk Riau," kata Suwarno.

Selain bermain diharapkan anak akan mendapatkan ilmu sebagai tempat pembelajaran dan hiburan.

"Kami berharap kedepan binatangnya lebih banyak dan lengkap lagi," katanya menambahkan.