Pemudik Disarankan Konsumsi Vitamin

id pemudik, konsumsi, vitamin

Pemudik Disarankan Konsumsi Vitamin

Pemudik roda dua melintas di jalur alternatif jalan Syekh Quro, Karawang, Jawa Barat, Minggu (3/7). Memasuki H-3 Lebaran jalur alternatif tersebut mulai dipadati kendaraan roda dua menuju Pantura. ( ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Ahli penyakit dalam dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Dr Ari F Syam menyarankan para pemudik untuk banyak istirahat dan mengonsumsi vitamin untuk memulihkan tenaga yang terkuras akibat kemacetan.

"Para pemudik sudah pasti mengalami kelelahan karena mereka istirahat ala kadarnya dan makan dan minum apa adanya. Kondisi ini akan membuat daya tahan para pemudik menurun dan mereka akan terpapar dengan berbagai infeksi," ujar Ari di Jakarta, Rabu.

Infeksi yang dialami oleh pemudik yakni kemungkinan infeksi saluran pernafasan, infeksi pencernaan atau terkena infeksi demam berdarah.

"Stres yang terjadi akibat kemacetan juga memperburuk keadaan."

Untuk itu, dia meminta para pemudik jika sampai di tujuan untuk segera istirahat cukup, untuk memulihkan kebugaran setelah berpuluh-puluh jam berada di kemacetan.

Selain itu, pemudik juga harus banyak mengonsumsi buah-buahan serta cukup minum sampai 10 gelas perhari dan kalau perlu mengosumsi suplemen atau vitamin.

"Usahakan menghindari tempat rekreasi, yang mana akan berinteraksi dengan banyak orang yang berpotensi untuk tertular penyakit terutama penyakit infeksi saluran nafas atas," katanya.

Untuk mengantisipasi kemacetan saat balik, para pemudik sebaiknya mengatur ulang jadwal kembali. Baik mempercepat pulang atau memperlambat kepulangan.

"Walau bagaimanapun mereka harus segera siap untuk kembali bekerja dalam kondisi sehat dan walafiat," ujarnya.

Ari sangat menyesalkan kemacetan yang telah merenggut belasan nyawa. Dia menyesalkan pemerintah yang tidak belajar dari pengalaman terdahulu dalam mengantisipasi libur Lebaran.

Selain itu, SPBU menjadi sumber kemacetan karena akibat kemacetan, para pemudik kehabisan BBM tetapi masalahnya sebagian SPBU juga kehabisan stok.

Ari meminta pemerintah memberi perhatian pada arus balik agar tak terjadi kembali kemacetan serupa. (*)