Disbudpar: Penggalian Sampah Purus untuk Kebersihan Pantai

id Disbudpar

Padang, (Antara) - Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Medi Iswandi mengatakan penggalian tumpukan sampah di Pantai Purus bertujuan untuk kebersihan kawasan itu.

"Penggalian sampah itu untuk kebersihan pantai. Jangan sampai terjadi kesalapahaman warga dengan pekerja escavator," kata dia di Padang, Rabu.

Ia menambahkan, pantai menjadi bersih akan menciptakan suasana yang baik, di antaranya pengunjung akan betah di kawasan tersebut.

"Memang sering ada pro dan kontra dengan warga setempat terkait hal ini. Namun diharapkan tidak terjadi lagi," ujarnya.

Menurutnya, saat pihaknya melakukan penggalian tumpukan sampah di muara Purus, sering ada sanggahan dari warga setempat.

Ia menyampaikan, padahal niat kami baik yakni membangun tempat parwisata dengan prosedur yang telah ditetapkan Pemerintah kota (Pemkot) Padang.

Ia berharap warga setempat dapat memahami kondisi tersebut sehingga tidak lagi ada kesalahpahaman ke depannya.

Sementara Warga Purus, Marboti mengatakan dengan adanya pembenahan objek wisata serta kebersihannya terjaga akan sangat membantu.

"Ini bermanfaat karena dagangan yang saya jual menjadi laku," sebutnya.

Menurutnya, memang masih ada warga yang kurang setuju dengan adanya penggalian tersebut disebabkan takut membuat lokasi tempat berdagang mereka terganggu. (*)