Ratusan Peserta Ikuti Kontes Reptil di Padang

id Kontes Reptil

Padang, (Antara) - Sebanyak 300 peserta dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti kontes reptil yang digelar oleh "Minang Reptile Comunity" (March) pada 8-10 April 2016 di Gelanggang Olahraga (GOR) Agus Salim), Padang.

Ketua Panitia Pelaksana Hamda Satria Yudha di Padang, Minggu mengatakan ada sekitar 600 reptil yang ditampilkan terdiri atas kadal, iguana, biawak, tokek, kura-kura hingga berbagai jenis ular.

Target acara ini untuk menjalin silaturahim dengan sesama pecinta reptil dan menumbuhkan minat serta kecintaan terhadap reptil, ujarnya.

Ia menyampaikan ada tiga rangkaian acara pertama pelepasan tukik di Pantai Air Manis Padang, pameran reptil oleh komunitas pecinta hewan dan kontes yang diikuti peserta dari seluruh Indonesia.

Hamda mengakui selama ini masyarakat masih memandang reptil masih binatang yang menakutkan padahal tidak semuanya berbahaya.

"Contohnya ular, banyak yang memandang itu binatang berbahaya padahal tidak semuanya berbisa," lanjut dia.

Ia mengatakan yang cukup menarik perhatian saat kontes adalah ular piton dengan panjang mencapai tiga meter.

Beragam reptil yang ditampilkan pada acara itu menarik perhatian pengunjung karena dapat melihat bahkan memegang langsung binatang tersebut.

Sementara General Manajer Maskapai Penerbangan Citilink Padang Sugiarto selaku salah satu pendukung acara mengatakan kegiatan ini cukup positif karena menanamkan karakter cinta hewan di kalangan generasi muda.

Ia mengatakan saat ini Citilink fokus mengandeng berbagai komunitas anak muda dalam rangka sosialisasi dan silaturahim. (*)