Warga Pasaman Barat Diberi Pelatihan Perbengkelan

id Pasaman Barat, Latihan, Perbengkelan

Simpang Ampek, (AntaraSumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat melalui Badan Perencaan Pembangunan Daerah (Bappeda) memberikan pelatihan perbengkelan kepada 20 orang di daerah itu, Minggu.

Kepala Bappeda Pasaman Barat, Afrizal Azhar mengatakan pelatihan itu bertujuan meningkatkan keterampilan masyarakat dalam bidang perbengkelan sepeda motor, sehingga bisa meningkatkan pendapatan mereka nantinya.

"Sasaran pelatihan perbengkelan sepeda motor itu adalah anak putus sekolah agar punya keterampilan, sehingga tidak menjadi pengangguran," ujarnya.

Menurutnya kegiatan itu bersumber dari Kementrian Desa Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi RI dibuka oleh Kepala Bidang Ekonomi Bappeda Pesisir Selatan, Afrizal didampingi Kasubid Pengembangan SDM, Dahlia.

Ia menyebutkan pelatihan itu mendapat sambutan antusias dari 20 peserta yang berasal dari berbagai kecamatan di Pasaman Barat yakni Kecamatan Ranah Batahan, Kecamatan Talamau, Kecamatan Kinali yang dibagi dalam empat kelompok.

Panitia tidak saja menghadirkan praktisi yang ahlli dalam perbengkelan tetapi juga nara sumber lapangan yang bergelut langsung dengan perbengkelan sehari-hari yakni Erizon dari Kabupaten Padang Pariaman dan Syahron dari pemilik bengkel sepeda motor Ujung Gading.

"Mudah-mudahan pelatihan ini memberikan motivasi, ilmu dan bermanfaat banyak bagi masyarakat yang berusaha dalam bidang perbengkelan di Pasaman Barat terutama dalam mengembangkan usaha perbengkelannya dimasa depan," ujarnya.

Salah seorang peserta, Andi mengatakan sangat berterima kasih kepada Pemkab Pasaman Barat dengan kegiatan pelatihan perbengkelan ini yang diadakan.

Menurutnya dengan pelatihan itu akan bisa menambah ilmu sebagai pengusaha pemula dalam perbengkelan.

Usai memberikan perbekalan ilmu, Pemkab Pasaman Barat juga memberikan bantuan kompresor dan alat perbengkelan terhadap kelompok tersebut agar dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha mereka. (*)