Padang Gelar Lomba Kreativitas Pelajar Peringati HGN

id HGN, Kreativitas, Pelajar

Padang, (AntaraSumbar) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Padang menggelar lomba hasil kreativitas siswa tingkat SD dan SMP dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional .

"Hari Guru Nasional salah satunya diperingati melalui 'Pekan Kreativitas Siswa dan Guru', di dalamnya dilaksanakan berbagai lomba untuk siswa SD dan SMP, salah satunya adalah lomba pameran hasil karya kerajinan tangan para siswa," kata ketua juri lomba kreativitas siswa Ishakawi di Padang, Rabu.

Ia mengatakan, lomba diikuti oleh 17 stan peserta di mana siswa tingkat SMP dibagi berdasarkan pokgara dan siswa SD dibagi berdasarkan kecamatan.

"Total ada 11 kecamatan dan enam pokgara yang mengikuti lomba pameran hasil karya kerajinan tangan ini," katanya.

Penilaian untuk lomba tersebut dilakukan atas beberapa kriteria di antaranya kesesuaian tema dengan produk yang ditampilkan, kerapian dan kreativitas produk serta sikap penjaga stan dalam melayani pengunjung stand dan pemahaman mengenai karya yang ditampilkan.

Selain itu, katanya menambahkan, kebersihan juga akan dinilai sebagai salah satu bentuk dukungan kita terhadap perda sampah dan juga teknik penyampaian informasi yang membuat pengunjung memahami sebuah karya yang dipamerkan.

Ia mengungkapkan, lomba tersebut digelar dengan tujuan untuk menjadi salah satu tolak ukur tingkat perkembangan pola pikir siswa.

"Implementasi pendidikan itu salah satunya terlihat dari bentuk kreativitas siswa yang ditampilkan di sini," lanjutnya.

Melalui pelaksanaan lomba tersebut, ia mengharapkan dapat menjadi langkah awal untuk membangun siswa yang lebih kreatif.

Sementara itu salah seorang guru Selvina mengatakan, melalui perlombaan itu dapat mendorong siswa untuk meningkatkan kreativitasnya salah satunya dengan melihat karya siswa lain yang ditampilkan dalam pameran tersebut.

"Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, untuk ke depannya siswa dapat membangun wirausaha sendiri dengan menghasilkan produk-produk kreatif yang bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya. (cpw)