114 KK Dharmasraya Mendapat Bantuan BSPS

id Dharmasraya, Bantuan, BSPS

Pulau Punjung, (AntaraSumbar) - Sebanyak 114 Kepala Keluarga (KK) berpenghasilan rendah di Kabupaten Dharmasraya terima program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) tahun ini.

Asisten Ekonomi Pembagunan dan Kesra Sekretariat Dharmasraya Adlisman, di Pulau Punjung, Jumat, mengharapkan agar masyarakat penerima bantuan memanfaatkannya sesuai kebutuhan.

Dia menjelaskan, pemberian bantuan ini merupakan salah upaya dan komitmen pemerintah untuk mewujudkan rumah layak huni bagi seluruh rakyat Indonesia yang berpenghasilan rendah.

"Setiap KK akan menerima bantuan sebesar Rp15 juta, meskipun tidak banyak diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat," katanya.

Dia mengatakan, bantuan ini diberikan dalam bentuk pemberian biaya pembelian material bangunan rehab rumah bagi masyarakat

Ia menyebutkan, BSPS adalah program program nasional dari Kementerian Pekerja Umum setelah bergabung dengan Kementerian Perumahan Rakyat.

Agar bantuan yang diberikan tidak disalahgunakan dari peruntukannya, kata dia, setiap kelompok wajib memberikan pertanggungjawaban sesuai dengan ketentuan.

"Suksesnya program ini akan memberikan kepercayaan ke pemerintan pusat untuk mengarahkan kembali bantuan tahun depan," katanya.

Sementara itu Fasilitator Bappeda Dharmasraya Frinaldi, menyebutkan, sejak tahun 2011 Dharmasraya telah menerima bantuan BSPS sebanyak Rp14,18 miliar dari pemerintah pusat dan Rp1,19 miliar pemerintah propinsi.

"Tahun ini kita mendapatkan alokasi sebesar Rp8,295 miliar dari APBN," ujarnya. (cpw)