Dandim 0312/Padang Serahkan Hasil Bedah Rumah Veteran

id Bedah Rumah Veteran

Padang, (Antara) - Komandan Distrik Militer (Dandim) 0312/Padang, Sumatera Barat, Letnan Kolonel Inf Efran Herriyanto menyerahkan secara simbolis salah satu rumah hasil program bedah rumah veteran di Kelurahan Anduring, Kecamatan Kuranji kepada Awaludin, Jumat.

"Bedah rumah ini ialah hasil kerja sama Komando Resor Militer (Korem) 032/WBR dengan PT. Semen Padang di wilayah Komando Distrik Militer (Kodim) 0312/Padang," kata dia saat menyampaikan sambutan penyerahan hasil bedah rumah di Padang, Jumat.

Ia mengatakan rumah nomor 14 RT5/RW7 Kelurahan Anduring Kecamatan Kuranji tersebut adalah satu dari empat rumah di Kota Padang yang mendapat anggaran untuk direhab.

"Terdapat empat rumah yang direhab yaitu dua rumah di Kuranji, satu rumah di Pauh dan satu rumah di Banuaran," kata dia.

Ia mengatakan sebenarnya direncanakan ada 11 rumah veteran di Padang yang akan direhab, namun karena keterbatasan anggaran dilakukan seleksi ulang dan ditetapkan hanya empat rumah saja.

Untuk keseluruhan wilayah Sumbar, terdapat 45 rumah yang tersebar di kabupaten/kota untuk dilakukan bedah rumah.

Hal ini dilaksanakan sebagai lanjutan kegiatan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) RI yang ke-70 dan HUT Tentara Nasional Indonesia (TNI).

"Veteran sangat berjasa bagi bangsa ini namun banyak dari mereka yang hidup tidak berkecukupan saat ini sehingga perlu untuk diperhatikan lebih," kata dia.

Sementara PT. Semen Padang sebagai pihak yang ikut membantu dalam menganggarkan dana bedah rumah ini mengaku siap untuk terus membantu jika ada kegiatan yang serupa sesuai aturan dan undang-undang.

"Yang selama ini berjuang untuk bangsa adalah veteran, kali ini kami baru bisa membantu dengan mengadakan bedah rumah sedangkan mereka dulu berjuang dengan tantangan nyawa," kata perwakilan PT. Semen Padang, Syahril K di Padang, Jumat.

Veteran penerima bedah rumah itu, Awaludin berterima kasih kepada seluruh pihak terkait yang telah merehab rumahnya hanya dalam jangka watu tiga hingga empat minggu.

"Dulu rumah saya hanya terbuat dari papan, dindingnya sudah bolong dan tidak ada WC, namun sekarang sudah sangat bagus dan layak," kata dia.

Ia mengatakan kepedulian pemerintah pada veteran saat ini sangat baik dan semoga veteran lainnya juga mendapatkan perhatian seperti dia. (*)