Pemerintah Menjamin Harga Daging Sapi Stabil

id Harga Daging Sapi Stabil

Jakarta, (Antara) - Pemerintah menjamin harga daging sapi di pasaran menjelang Hari Raya Idul Adha 2015 stabil karena pasokan mencukupi.

"Untuk harga daging sapi menjelang Idul Adha tidak ada masalah karena harga cenderung menurun, berbeda dengan harga pada Idul Fitri 2015," kata Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Srie Agustina, saat dihubungi Antara, Sabtu.

Srie menjelaskan, perbedaan antara perayaan Idul Fitri dan Idul Adha adalah dimana kendati konsumsi tinggi akan tetapi masyarakat Indonesia melakukan kurban dan membagikan daging tersebut gratis.

"Jadi artinya sosial, itu yang membuat harga daging relatif turun dimana saat ini khususnya untuk harga daging sapi rata-rata nasional sudah turun menjadi Rp108.000 per kilogram dari sebelumnya Rp110.000 per kilogram," ujar Srie.

Srie menambahkan, khusus untuk Jabodetabek dalam menghadapi perayaan Idul Adha kurang lebih sebanyak 170.000 ekor sapi akan dipotong, sementara untuk kambing kurang lebih sebanyak 500.000 ekor dan kerbau kurang lebih sebanyak 4.500 ekor.

"Pasokan untuk Jabodetabek berasal dari Jawa Timur dan Jawa Tengah," kata Srie.

Berdasarkan data yang diterima, khusus untuk Jabodetabek, jumlah sapi yang akan dipotong pada Hari Raya Idul Adha sebanyak 160.700 ekor, dan diperkirakan stok masih akan ada kurang lebih sebanyak 100.000 ekor.

Sementara untuk kambing, yang akan dipotong sebanyak 505.000 ekor dan akan menyisakan stok sebanyak 285.000 ekor, dan untuk kerbau yang akan dipotong sebanyak 4.500 ekor dan menyisakan stok sebanyak 2.000 ekor.

"Intinya, untuk Idul Adha, kurban akan cukup dan itu tidak dijual, namun dibagikan gratis ke masyarakat," ujar Srie. (*)