Taspen Berangkatkan 420 Orang Mudik Gratis

id Taspen, Mudik, Gratis

Taspen Berangkatkan 420 Orang Mudik Gratis

Ilustrasi. Kampanye mudik cerdas. (Antara Foto)

Jakarta, (AntaraSumbar) - PT Taspen (Persero) memberangkatkan sebanyak 420 orang pemudik dari Jakarta dengan kota tujuan Semarang, Solo, Jogjakarta dan Madiun dalam rangka Idul Fitri 2015.

"Progam mudik gratis ini diberikan kepada para PNS eselon I, II, pensiunan dan warga di sekitar kantor Taspen Jakarta," kata Direktur Utama Taspen Iqbal Latanro, di sela-sela "Program Mudik Bareng BUMN 2015" yang diberangkatkan Menteri BUMN Rini Soemarno, di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Minggu.

Menurut Iqbal, sekitar 315 pemudik atau 75 persen di antaranya merupakan PNS dan pensiunan, sisanya masyarakat umum termasuk wartawan.

"Dalam rangka mendukung program sinergi BUMN, selain PNS, semua kami tampung termasuk masyarakat cilik," ujarnya.

Ia menjelaskan, program mudik gratis Taspen ini baru pertama kali dilakukan. Diharapkan pada Lebaran 2016 akan diberangkatkan dalam jumlah lebih besar, termasuk pemudik dengan kota tujuan Sumatera.

Dalam program ini Taspen menyediakan12 bus dengan kapasitas rata-rata 35 pemudik tiap bis, di mana empat bis tujuan Solo, tiga bis tujuan Madiun, tiga bis tujuan Jogjakarta dan dua bis tujuan Semarang.

"Tidak hanya menyediakan bis dengan fasilitas AC dan toilet, pemudik juga mendapatkan uang saku sebesar Rp100.000 per orang, termasuk seragam, makanan berbuka dalam perjalanan," kata Iqbal.

Sementara itu Direktur Umum dan SDM Taspen, Bagus Rumbogo mengatakan program mudik gratis ini bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat atau Corporate Social Responsibility (CSR).

Dalam rangka Ramadan dan Lebaran 2015, sebelumnya Taspen juga sudah menggelar pasar sembako murah dan sembako gratis sebanyak 30.750 paket yang dilaksanakan di seluruh kantor cabang Taspen.

Khusus untuk Kantor Cabang Utama Jakarta dibagikan sebanyak 5.000 paket terdiri atas 2.500 paket sembako gratis dan 2.500 paket sembako murah.

Pada tahun 2015 ujar Bagus, Taspen menganggarkan dana CSR hingga sekitar Rp8,3 miliar.

Menurut Bagus, total dana yang dialokasikan Taspen untuk program sembako murah dan sembako gratis serta mudik gratis mencapai sekitar Rp3,8 miliar.

"Dana itu bagian dari program CSR Taspen yang dari waktu ke waktu terus ditingkatkan," ujarnya. (*)