Kapal Baruna Jaya akan Singgah di Padang

id Padang, Kapal, Baruna, Jaya

Padang, (Antara) - Kapal riset Baruna Jaya I milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang sedang digunakan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam rangka observasi laut di Samudra Hindia akan singgah di Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

"Kapal yang mengangkut 31 peneliti dan 20 awak tersebut akan sandar di Pelabuhan Samudera Bungus pada Kamis, 30 April untuk keperluan penyediaan logistik dan beberapa kegiatan," kata Kepala Bidang Informasi Agroklimat dan Iklim Maritim BMKG Nelly Florida Riyana di Padang, Rabu.

Ia menjelaskan BMKG bekerja sama dengan BPPT serta National Oceanic and Atsmopheric Administration (NOAA) melakukan kegiatan observasi laut dalam bentuk pelayaran selama 30 hari.

"Ini merupakan salah satu dari tiga program utama yang menjadi prioritas agenda pembangunan kemaritiman," ucap dia.

Pada Januari 2015, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, secara resmi telah menunjuk sebagai koordinator bidang observasi maritim, lanjut dia.

Nelly mengatakan kegiatan layar tersebut diberi nama ini diberi nama Indonesia Program Inititative on Maritime observation and Analysis atau InaPRIMA.

Kegiatan bertujuan untuk mewujudkan layanan informasi cuaca dan iklim maritim yang cepat dan akurat bagi pengguna, ujar dia.

Ia menyampaikan sasaran pelayaran untuk melakukan pemeliharaan lima unit peralatan observasi deep water ocean mooring atau buoy RAMA (Research Moored Array for African-Asian-Australian Monsoon Analysis and Prediction) di Samudra Hindia.

Research moored array merupakan kegiatan internasional yang bertujuan untuk memperoleh data kelautan yang signifikan untuk memantau, memahami dan memprediksi variabilitas interaksi laut-atmosfer seperti fenomena Monsoon Asia, Indian Ocean Dipole, Madden-Julian Oscillation, ITF.

Lebih lanjut Nelly mengatakan kapal akan sandar selama dua hari dan akan ada sejumlah kegiatan awak kapal seperti pertemuan dengan beberapa komunitas dan instansi.

Sementara, Kepala Stasiun Meteorologi Teluk Bayur Padang Syafrizal mengatakan persiapan penyambutan kedatangan Kapal Riset Baruna Jaya I telah rampung.

"Setelah bersandar para peneliti akan menggelar sejumlah kegiatan di Kota Padang," ucap dia. (*)