Agam Tawarkan Kekayaan Alam Saat TdS 2015

id Agam Tawarkan Kekayaan Alam Saat TdS 2015

Lubukbasung, Sumbar, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat menawarkan kekayaan alam seperti, danau, gunung dan laut pada Tour de Singkarak (TdS) tahun 2015.

Bupati Agam Indra Catri di Lubukbasung, Selasa, mengatakan, luas wilayah Kabupaten Agam sekitar 2.232,30 km, memiliki daerah perbukitan, laut dan Danau Maninjau.

"Kita juga memiliki dataran rendah, tinggih dan lainnya," kaya Indra Catri saat penyerahan hadiah untuk pembalap Tour de Singkarak (TdS) pada etape IV di Lawang Adventure Parke, Selasa (10/6).

Dengan potensi ini, Pemkab Agam siap menjadi lokasi star dan finis pada TdS tahun 2015. Lalu siap menjadi lokasi pembukaan TdS tahun 2015.

Untuk mencapai ini, bupati telah melakukan upaya untuk melakukan pendekatan dengan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

"Saya telah menyampaikan ini ke Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sapta Nirwana. Mudah-mudahan tahun depan diujudkan," katanya.

Untuk fasilitas jalan dan fasilitas pendukung, tambahnya, Pemkab Agam akan membenahi terus. Pada tahun 2015, Pemkab Agam akan memperbaiki jalan di sekiar Danau Maninjau.

Semenjak enam tahun pelaksanaan TdS, Kabupaten Agam hanya dua kali diberikan kesempatan menjadi lokasi finis.

Namun dari rute yang ditempuh pembalap, wilayah Kabupaten Agam yang mempunyai tantangan seperti di Kelok 44 dan Puncak Lawang.

Lokasi ini memiliki ketingihan sekitar 1.250 meter dari permungkaan laut dan ini merupakan tantangan dari pembalap.

Sementara itu, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sapta Nirwana, menambahkan, Kelok 44 ini hanya dimiliki oleh Kabupaten Agam dan TdS.

"Pada Tour de France dan event balap sepeda di negara Eropa, tantangan seperti ini tidak ada. Kita berharap tahun depan Lawang Adventure Park dijadikan lokasi finis," katanya. (ari)

----