Potensi Pertanian

id Potensi Pertanian

POTENSI PERTANIAN

KAKAO


Budi daya kakao di Kota Sawahlunto semakin diminati oleh masayarakat karena cacao sat ini menjadi komoditi unggulan di sektor perkebunan yang diharapkan akan meningkatkan perekonomian masyarakat. Sebagai produk unggulan, kakao tersebar di seluruh kecamatan yang di Kota Sawahlunto. Bibit yang dibiayai oleh dana APBD Kota Sawahlunto sebagai berikut :


Investasi (dana APBD) : Rp 1.495.000.000


a. Lahan ± (1600 ha) : milik masyarakat


b. Bibit : 1 juta batang


c. Perkiraaan produksi biji/thn/1 btg pohon : 2 – 2 ½ kg siap jual

Di samping itu untuk lebih meningkatan pendapatan petani, bagi petani yang memiliki tanaman kakao sebanyak 300 batang dan telah berusia 1 tahun dapat fasilitas pemberian pinjaman ternak sapi dengan kakao sebagai jaminannya.


Telah dilakukan pelatihan dan magang petani kakao


Telah dibentuk Koperasi Petani kakao dan telah dikirim petani ke Pabrik Pengolahan Coklat di Tangerang PT.Bumi Tangerang sebanyak 12 orang


Akan ditandatangai perjanjian dengan perusahan tersebut.




TANAMAN ATSIRI


Pengembangan tanamanatsiri merupakan kerja sama dengan Puslitbangbun yang bertujuan untuk peningkatan pendapatan petani terutama yang berada di lahan kritis dengan mengolahnya menjadi minyak atsiri.

Saat ini telah dikembangkan tanaman Atsiri seluas 20 Ha dengan bantuan untuk 20 KK senilai Rp 172.700.000,- dan tahun ini akan ditambah lagi seluas 60 Ha senilai Rp 518.001.000,-


Telah difasilitasi dengan alat suling

Komentar