Pelaku IKM Padangpariaman Dilatih Mendesain Kemasan Produk

id Desain Produk

Pelaku IKM Padangpariaman Dilatih Mendesain Kemasan Produk

Salah seorang pelaku industri kecil menengah di Kabupaten Padangpariaman mengikuti pelatihan desain kemasan produk yang digelar Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Perindustrian setempat, Jumat (13/10). (Antara Sumbar/Aadiaat M. S)

Parit Malintang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat melatih 60 pelaku industri kecil menengah (IKM) dalam mendesain kemasan produk, agar mampu menarik minat konsumen.

"Banyak dari pelaku IKM kita yang produknya enak-enak dan berkualitas, namun jarang dilirik konsumen disebabkan kurangnya faktor kemasan," kata Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Perindustrian Kabupaten Padangpariaman, Hendra Aswara saat pelatihan desain kemasan produk di Parit Malintang, Jumat.

Hal tersebut, katanya membuat pelaku IKM di daerah itu memasarkan produknya melalui pedagang penampung di kabupaten dan kota tetangga yang tentunya memakai merek mereka.

Menurutnya hal tersebut dapat merugikan pelaku IKM karena selain harga jualnya yang murah, orang yang bergerak di bidang industri kecil itu pun tidak mendapatkan nama di mata masyarakat.

Ia mengatakan untuk mengatasi itulah pihaknya melatih 60 pelaku IKM bidang desain setiap tahun, sehingga secara bertahap 1.700 IKM yang ada di daerah itu mampu mendesain sendiri kemasan produk mereka.

Melalui pelatihan ini diharapkan produk IKM di daerah itu dapat dijual di pasar modern dan hotel yang ada di provinsi itu serta dijual melalui dalam jaringan (daring).

"Kita juga akan mengupayakan membantu pelaku IKM untuk meningkatkan daya saing serta mempromosikan produknya ke masyarakat," katanya.

Sementara itu, salah seorang peserta pelatihan desain kemasan, Anismawati yang memproduksi makanan ringan Ladu mengatakan selama ini produk IKM miliknya dijual ke pedagang penampung yang ada di Padang.

"Pedagang penampung tersebut menjual produk tersebut melalui daring," kata dia.

Menurutnya dengan adanya desain kemasan tersebut dapat membantu dirinya dalam memasarkan produk kerena tampilan produknya sudah menarik. (*)