Rabu, 27 September 2017 - 7 Muharram 1439 H

Unand Jadikan Momen HUT ke-61 Sebagai Peningkatan Kualitas Riset

Rapat Senat Terbuka Universitas Andalas (Unand) dalam rangka perayaan Dies Natalis ke -61 di Padang, Rabu (13/9) (ANTARA SUMBAR/Deni).
Padang, (Antara Sumbar) - Rektor Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat Prof Tafdil Husni mengatakan momen Hari Ulang Tahun (HUT) ke-61 kampus sebagai peningkatan kualitas dan intensitas riset penelitian dan aplikasinya.

"Meski saat ini secara klaster Unand telah di atas namun butuh penguatan khususnya dalam aplikasi kepada masyarakat," ujarnya usai sidang terbuka perayaan Dies Natalis Unand ke-61 di Padang, Rabu.

Dia menyebutkan salah satu upaya mewujudkan itu dengan mendorong dosen untuk melakukan penelitian yang berkualitas.

Kemudian juga mencarikan peluang dosen peneliti dalam penyediaan dana penelitian atau jurnal bereputasi.

Saat ini Unand berada pada peringkat kedelapan dan masuk dalam klaster mandiri penelitian di Indonesia.

Capaian ini menjadi yang tertinggi bagi kampus selama 61 tahun sejak berdiri tahun 1956 lalu, di samping raihan nilai akreditasi A sejak 2014.

"Momen HUT ini juga akan ditingkatkan fasilitas yang memudahkan penelitian maupun hilirisasinya," sebutnya.

Salah satunya yakni tengah merancang "Science Techno Park" atau taman ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai fasilitas bagi peneliti dalam mengembangkan karyanya bahkan pemasarannya.

Menurutnya Science Techno Park sebagai wadah dosen atau mahasiswa peneliti lebih serius dalam mengembangkan suatu produk.

Nantinya baik secara sumber daya dan kelembagaan telah siap menyalurkan sekaligus mengkomersialisasikan produk kepada masyarakat atau perusahaan.

"Direncanakan science techno park akan dibangun pada 2018, dan diharapkan menjadi pecontohan pusat Iptek di Sumbar," ujarnya.

Selain peningkatan riset tambahnya, momen HUT ini juga sebagai langkah Unand meningkatkan pelayanan, prestasi mahasiswa dan menuju kelas internasional.

Khusus kelas internasional ini kta dia, Unand tengah giat menarik minat mahasiswa asing berkuliah.

Upaya ini dilakukan melalui
seminar, pertukaran mahasiswa, jurnal penelitian dan kerja sama dengan instansi luar negeri.

"Hasilnya positif, tinggal saja memperkuat kualitas sumber daya manusia seperti meningkatkan jumlah guru besar dan doktor.

Sementara itu Ketua Penyelenggara Dies Natalis Unand ke-61 Prof James Hellyward menyebutkan ulang tahun Unand ini terdiri dari beberapa kegiatan antara lain kejuaraan tenis alumni antara perguruan tinggi se-indonesia.

Kemudian kegiatan Unand bersyukur, seminar nasional, jalan santai, penanaman pohon dan puncaknya pada 23 September 2017.

Tujuannya meningkatkan kekompakan di antara civitas akademika sekaligus meningkatkan kualitas kinerja dalam mewujudkan tujuan kemajuan bersama kampus. (*)





Editor : M R Denya

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Riko Syaputra
Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Petugas Rumah Tahanan kelas II B Lubuk Sikaping kembali kecolongan setelah satu warga binaannya ...
Baca Juga