Pemkot Padang Diharapkan Dorong Investasi pada Sektor Perikanan

id Pelabuhan Perikanan

Pemkot Padang Diharapkan Dorong Investasi pada Sektor Perikanan

Ilustrasi - Pelabuhan Panasahan di Painan Kabupaten Pesisir Selatan. (cc)

Padang, (Antara Sumbar) - Pihak Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Bungus, Padang, Sumatera Barat mengharapkan pemerintah kota setempat dapat mendorong investasi pada sektor perikanan.

Kepala Pelabuhan, Joko Supraptomo di Padang, Selasa, mengatakan investasi untuk sektor perikanan dinilai masih kurang dari pada investasi pada sektor pariwisata.

"Adanya investasi pada sektor ini tentunya juga akan memberikan dampak terhadap perkonomian masyarakat," katanya.

Ia menyebutkan untuk saat ini peluang investasi yang ada di PPS Bungus adalah pada industri penunjang atau aspek pendukung aktivitas pelabuhan.

Beberapa peluang itu di antaranya adalah gudang penyimpanan ikan, unit pengolahan ikan serta membangun galangan kapal, sebab galangan kapal yang ada saat ini belum memadai.

"Kalau dari segi tarif saya pikir masih sangat terjangkau, seperti sewa tanah dan biaya tambat labuh," ujarnya.

Ia menambahkan saat ini di kawasan pelabuhan masih terdapat banyak lahan kosong yang masih bisa dimanfaatkan, setidaknya lima puluh persen diantaranya masih kosong.

"Lahan yang bisa dimanfaatkan di daerah ini lebih kurang seluas enam hingga tujuh hektare," kata dia.

Sebelumnya Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dietriech Geoffrey Bengen, mengatakan sektor perikanan adalah hal yang harus dilirik oleh pemerintah, karena hal tersebut akan erat kaitannya dengan pariwisata.

Menurutnya kedua hal tersebut harus tetap berintegrasi agar bisa terus berkembang, dari aspek ekologi kedua hal tersebut dapat berdampak baik pada ekosistem laut, selain itu pada bidang sosial akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat serta pada bidang pariwisata nantinya akan bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. (*)