Pemkot Padang kampanyekan gemar memakan ikan ke sekolah dasar

id Gemarikan, Padang,Forikan,SD,Perikanan dan Pangan,Padang,Sumbar,Sumatera Barat,Konsumi Makan Ikan,Kota Padang,SDS,Sekola

Pemkot Padang kampanyekan gemar memakan ikan ke sekolah dasar

Ketua Forikan Kota Padang Sumatera Barat Ny. Genny Hendri Septa saat mengampanyekan Gemarikan di sekolah dasar. ANTARA/HO-Pemkot Padang.

Padang (ANTARA) - Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Padang Sumatera Barat bersama Dinas Perikanan dan Pangan setempat mengampanyekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) ke sekolah dasar untuk menciptakan generasi muda yang sehat, cerdas, dan kuat.

Ketua Forikan Kota Padang Ny. Genny Hendri Septa di Padang Kamis mengatakan, dalam kampanye itu diberikan edukasi tentang manfaat memakan ikan dan sekaligus membagikan makanan berbagai jenis olahan yang berbahan dasar ikan.

"Berbagai olahan makanan berbasis ikan ini untuk memancing minat anak-anak untuk gemar memakan ikan, karena ikan memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi dan membuat kita sehat, cerdas, dan kuat," katanya.

Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang Alfiadi menyebutkan, tingkat konsumsi makan ikan bagi warga Kota Padang dari tahun ke tahun mengalami peningkatan.

"Pada tahun 2021 angka konsumsi ikan warga Kota Padang sebanyak 41,23 kg per kapita. Kemudian di tahun 2022 naik menjadi 43,25 kg per kapita, dan di tahun 2023 naik lagi menjadi 45,58 kg per kapita," katanya.

"Ke depan bersama Forikan Kota Padang kita akan terus berupaya secara masif meningkatkan minat masyarakat terutama generasi muda untuk mengonsumsi ikan," katanya.

Upaya itu di antaranya melalui kampanye Gemarikan, menggelar lomba cipta menu serba ikan tingkat Kota Padang, serta upaya lainnya.

"Kampanye ke sekolah dasar juga menjadi salah satu program yang akan terus dilaksanakan agar generasi muda Kota Padang makin gemar memakan ikan," katanya.

Sementara itu, Kepala SDN 29 Pebayan Penggalangan, Etiyenifitriningsih menyampaikan terima kasih kepada Forikan beserta Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang yang telah menggelar kampanye Gemarikan di sekolah yang ia pimpin.

"Anak-anak dapat belajar tentang pentingnya mengonsumsi ikan. Mereka juga menikmati berbagai jenis makanan olahan berbahan dasar ikan," katanya.