Wali Kota Imbau Pemuda Tiru Keteladanan Pahlawan

id Mahyeldi Ansharullah

Wali Kota Imbau Pemuda Tiru Keteladanan Pahlawan

Mahyeldi Ansharullah (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Wali Kota Padang, Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah mengimbau generasi muda khususnya yang ada di daerahnya untuk meniru keteladanan pahlawan nasional.

"Seperti Bagindo Azis Chan yang sejak muda telah mengobarkan semangat nasionalisme," kata Mahyeldi menanggapi tentang momen peringatan gugurnya pahlawan nasional asal Padang Bagindo Azis Chan ke 70, di Padang, Jumat.

Menurutnya pemuda harus memiliki jiwa nasionalisme dan cinta Tanah Air sebagai modal menjadi pemimpin bangsa di masa depan.

Hal ini penting mengingat Indonesia berpeluang memiliki generasi produktif pada 2030 yang dikenal dengan bonus demografi.

Akan tetapi banyaknya ancaman dan tantangan bagi pemuda saat ini bisa menggerus harapan tersebut.

"Tidak ada lagi perjuangan mempertahankan kemerdekaan, namun berperang melawan ego dan pengaruh yang membahayakan dari luar," ujar dia.

Menurutnya narkoba, pergaulan bebas, penyimpangan hubungan, terorisme dan radikalisme menjadi tantangan generasi muda saat ini.

Beberapa hal kata dia, secara jasmani bisa dilakukan untuk mencegah kerusakan tersebut seperti rajin berolahraga, melakukan kegiatan seni dan membuka usaha.

Dalam hal ini di Padang telah dibuka kesempatan dan diwadahi setiap kegiatan yang bermanfaat seperti Festival Siti Nurbaya, dan Dayung Palinggam.

Kemudian secara rohani melalu kegiatan pengajian dan syiar dakwah, salah satunya menghafal Quran.

Kegiatan menghafal Quran ini juga kata dia bagian dari keteladanan pahlawan dahulu sebut saja Agus Salim, Hamka, dan Muhammad Yamin.

"Mengorbitkan Hafiz Quran, bagi Padang sebagai langkah memperkuat pemuda ke arah bonus demografi tersebut," sebutnya. (*)