Dinasdukcapil Pasaman Barat Beri Layanan Keliling

id disdukcapil

Dinasdukcapil Pasaman Barat Beri Layanan Keliling

Disdukcapil. (Antara)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) melakukan pelayanan keliling membantu masyarakat mengurus administrasi kependudukan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pasaman Barat, Yulisna di Simpang Empat, Selasa mengatakan pelayanan keliling ini merupakan upaya pemerintah menertibkan administrasi kependudukan yang ada.

Sebab sebagian besar masyarakat enggan datang ke pusat kecamatan atau kabupaten karena jarak yang jauh, sehingga mereka harus mengeluarkan biaya yang banyak dan memakan waktu yang lama, katanya.

Menyikapi hal itu, pihaknya berupaya melakukan sistem jemput bola ke lapangan seperti di daerah terisolasi Jorong Sikabau belum lama ini.

"Sangat bermanfaat sekali. Ratusan warga datang mengurus administrasi kependudukan. Kita akan terus jemput bola ketingkat bawah melayani masyarakat," sebutnya.

Ia menegaskan layanan keliling tersebut rencananya akan dilakukan di seluruh daerah terisolasi yang ada di Pasaman Barat.

Ia mengharapkan masyarakat bisa memanfaatkan saat petugas datang ke lokasi. Secara berlahan layanan akan terus ditingkatkan baik petugas maupun sarana prasarana yang ada.

Ia menyebutkan karena keterbatasan sarana dan aliran listrik di sejumlah daerah paravpetugas tidak bisa melakukan rekam Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Namun masyarakat yang hendak melakukan rekam KTP disarankan datang ke kantor kecamatan terdekat yang ada.

"Mudah-mudahan kedepannya layanan keliling akan terus ditingkatkan. Masyarakat juga diharapkan memanfaatkan mengurus administrasi karena petugas sudah turun kelapangan," katanya. (*)