Ratusan Polisi Kawal Malam Takbiran Di Padang

id Amankan takbiran

Ratusan Polisi Kawal Malam Takbiran Di Padang

Polisi. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Padang, Sumatera Barat menurunkan 138 personel untuk mengamankan kegiatan malam takbiran Idul Fitri 1438 Hijriah di kota itu.

"Personel tersebut akan terbagi dalam dua fokus yakni pengamanan lalu lintas dan pengaman an lokasi takbiran yang dipusatkan di Masjid Raya Sumbar," kata Kapolresta Padang Kombes Pol Chairul Aziz di Padang, Sabtu.

Menurutnya pengamanan ini dilakukan agar kegiatan perayaan malam takbiran dapat berjalan lancar. Terutama arak-arakan kendaraan dari GOR Haji Agus Salim menuju Mesjid Raya Sumbar.

"Jarak arak-arakan kendaraan memang tidak terlalu panjang namun rekayasa lalu lintas tetap dilakukan agar pelaksanaanya tetap lancar," kata dia.

Peserta pawai malam takbiran awalnya berkumpul di GOR Haji Agus Salim kemudian mereka bergerak melalui jalan Rimbo Kaluang, Raden Saleh dan berakhir di Jalan Ahmad Dahlan.

"Setelah melakukan arak-arakan peserta akan melakukan kegiatan di halaman parkir Masjid Raya Sumbar," kata dia.

Selain itu pengamanan di Masjid Raya Sumbar pihaknya telah menurunkan personel Sabhara Polresta Padang yang bertugas langsung menjaga keamanan di lokasi itu.

"Sejauh ini memang belum ada ancaman tindakan kejahatan namun kami tetap waspada agar kegiatan ini berjalan kondusif," katanya.

Chairul mengatakan pengamanan itu akan dilakukan hingga kegiatan takbiran ini selesai.

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Padang Japeri mengatakan kegiatan takbiran bertujuan untuk menyemarakkan Hari Raya Idul Fitri 1438.

"Kami harapkan masyarakat berpartisipasi dalam kegiatan yang dipusatkan di Masjid Raya Sumbar ini" kata dia

Menurut dia kegiatan ini merupakan kerja sama antara Kemenag Kota Padang dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Sumbar.

"Pada malam itu kegiatan takbiran hanya dimotori oleh Kanwil Kemenag dan Kemenag Padang, hanya satu kegiatan yang terpusat" ujar dia.

Ia mengatakan dalam pelaksanaan itu pihaknya membutuhkan pengamanan dari pihak kepolisian dan Satpol PP untuk melakukan rekayasa lalu lintas dan pengamanan di lokasi.

Menurut dia kegiatan takbiran tersebut akan diikuti oleh peserta yang berasal dari sebelas kecamatan di Kota Padang. Mereka akan melakukan perjalanan dari GOR H Agus Salim menuju Masjid Raya Sumbar. (*)