Lapas Gelar Lomba Meriahkan Hari Bakti Kemasyarakatan

id Lapas lomba

Lapas Gelar Lomba Meriahkan Hari Bakti Kemasyarakatan

Ilustrasi. (Antara) ( )

Lubuk Basung, (Antara Sumbar) - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menggelar sejumlah perlombaan dalam rangka memeriahkan Hari Bakti Kemasyarkatan ke-53 yang jatuh pada 27 April 2017.

Kepala Lapas Klas II B Lubuk Basung, Dadi Setiawan didampingi Kasi Minkantib Lapas Klas II B Lubuk Basung Jon Boy di Lubuk Basung, Sabtu, mengatakan, perlombaan yang diadakan seperti, catur, tenis meja, futsal, sepak takraw, mengaji dan adzan.

"Lomba ini telah dimulai semenjak awal April 2017 dan kini masih berlangsung," katanya.

Lomba tersebut sengaja digelar khusus bagi para warga binaan yang ada di dalam, dalam rangka memaknai Hari Bakti Kemasyarakatan.

Ia menilai kegiatan yang dilakukan tersebut merupakan salah satu bentuk nyata hak yang diberikan kepada 150 narapidana dalam memperingati Hari Bakti Kemasyarakatan.

"Kegiatan ini bakal kita adakan setiap tahun nantinya," katanya.

Selain mengadakan kegiatan perlombaan, pihak lapas juga memberikan sejumlah penanaman nilai-nilai dan sikap mental sehingga setelah menjalani masa tahanan para warga binaan dapat diterima oleh masyarakat.

Mereka juga mendapatkan pelatihan mental, nilai-nilai budi pekerti dan keterampilan seperti, pemberian siraman rohani, pembuatan krai, atap rumbia, las dan lainnya.

"Khusus untuk pelatihan krai, atap dan las ini kita berikan kepada narapidana yang mendapatkan program asimilasi," katanya.

Salah seorang narapidana, Panjul mengakui, pihaknya dan narapidana yang lain mendapatkan berbagai pelatihan, siraman rohani dan lainnya selama menjalankan hukuman.

"Ini rutin kami terima setiap minggu dan kami berharap kegiatan seperti ini ditingkatkan agar narapidana tidak merasa jenuh saat menjalankan hukuman," katanya. (*)