Pemkab Pasaman Barat Ajak Wanita Berperan dalam Pembangunan

id HUT GOW, pasaman Barat

Pemkab Pasaman Barat Ajak Wanita Berperan dalam Pembangunan

Bupati Pasaman Barat, Syahiran, Wakil Bupati, Yulianto, Sekda Pasbar, Manus Handri dan pengurus organisasi wanita saat HUT GOW di Simpang Empat, Senin (27/3). (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) mengajak segenap pengurus dan anggota organisasi wanita di daerah itu berperan mendukung program pengentasan kemiskinan dan masalah sosial lainnya.

"Perempuan punya peran strategis dalam mendukung implementasi program pemerintah daerah. Kiprahnya dalam berbagai bidang perlu ditingkatkan," kata Bupati Pasaman Barat, Syahiran usai membuka sosialisasi peningkatan kualitas pengurus Gerakan Organisasi Wanita (GOW) dan organisasi lainnya di Simpang Empat, Senin.

Ia menambahkan perempuan punya sisi emosional yang lebih baik untuk melakukan berbagai pendekatan dengan masyarakat.

Beberapa program pengentasan kemiskinan dan berbagai persoalan sosial lainnya terbukti lebih ampuh jika dilakukan oleh perempuan.

"Ini perlu jadi perhatian kita bersama terutama untuk kaum perempuan. Ada berbagai kasus sosial seperti pemasungan dan gizi buruk yang terjadi ditengah masyarakat, perempuan harus mengambil peran dalam penanganan hal tersebut," jelasnya.

Ia mengucapkan selamat untuk hari jadi GOW Pasaman Barat yang ke-9 dengan harapan GOW Pasaman Barat semakin mampu menunjukkan kiprahnya di tengah masyarakat terutama dalam hal penanganan permasalahan sosial.

Sementara itu, pnasehat GOW Pasaman Barat, Yun Syahiran mengajak kaum wanita di Pasaman Barat agar ikut berpartsispasi dalam politik.

"Pemerintah memberikan ruang bagi wanita untuk menduduki kursi di legislatif. Keberadaan perempuan di legislatif untuk saat ini masih jauh dari harapan," ujarnya.

Ia menjelaskan partisipasi perempuan dalam bidang politik tentunya dapat menyuarakan kesetaraan gender dan peran perempuan dalam menentukan nasib, hak serta perlindungan terhadap kaum perempuan.

"Mari kita belajar politik, karena politik adalah seni mencapai tujuan yang juga bisa kita terapkan di dalam keluarga terutama dalam mendidik anak yang berkualitas," katanya.

Ketua GOW Pasaman Barat, Wati Yulianto mengimbau kepada segenap anggota yang terhimpun dalam GOW Pasaman Barat agar senantiasa menjadikan momentum HUT GOW ke-9 sebagai penggalang rasa persatuan dan menegakkan monumen perjuangan perempuan dalam kehidupan sosial di Pasaman Barat.

"Perempuan adalah aset yang sangat besar yang jika diberi ruang, akan mampu menjadi penggerak dalam berbagai bidang," katanya. (*)