Vaksinasi bagi ibu hamil aman, tidak perlu takut divaksin, kata Ketua GOW Pesisir Selatan

id berita pesisir selatan,berita sumbar,vaksin PSS

Vaksinasi bagi ibu hamil aman,  tidak perlu takut divaksin, kata Ketua GOW Pesisir Selatan

Penyerahan bingkisan kepada ibu hamil yang telah divaksin. (Antarasumbar/HO-Humas Pemkab Pesisir Selatan)

Peserta vaksinasi agar ikut menginformasikan dan membagi pengalaman divaksin kepada ibu hamil lainnya,
Painan (ANTARA) - Gabungan Organisasi Wanita (GOW) dan Darma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menggelar vaksinasi bagi ibu hamil di gedung Painan Convention Centre (PCC), Kamis.

"Vaksinasi bagi ibu hamil aman sehingga tidak perlu takut untuk divaksin," kata Ketua GOW Pesisir Selatan, Ika Rudi Hariyansyah disela kegiatan di Painan.

Ia menyebut pencanangan vaksinasi bagi ibu hamil dilaksanakan berdasarkan Surat Edaran (SE) Menteri Kesehatan Nomor : HK.02.01/2007/2021 tentang pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi ibu hamil dengan usia kehamilan 13 sampai 34 minggu.

Selanjutnya rekomendasi Komite Penasehat Imunisasi Nasional (ITAGI), serta SE Sekretaris Daerah Pesisir Selatan Nomor : 800/1543/DK-PS/IX/2021 tanggal 23 September 2021.

Menurutnya, ibu hamil termasuk kelompok yang rentan terserang COVID-19, dan pelaksanaan vaksin merupakan upaya untuk melindungi mereka.

Pelaksanaan vaksinasi menargetkan sebanyak 300 orang masyarakat umum dan 25 orang ibu hamil, imbuhnya.

Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar yang hadir dalam kesempatan itu, menyebut keputusan pemerintah memperbolehkan vaksinasi COVID-19 bagi ibu hamil telah melalui kajian yang mendalam, untuk itu tidak usah ragu atau cemas ketika akan divaksin.

Ia mengajak peserta vaksinasi agar ikut menginformasikan dan membagi pengalaman divaksin kepada ibu hamil lainnya, sehingga pelaksanaan vaksinasi di daerah setempat terlaksana dengan maksimal.

Selain Rusma, dalam kesempatan itu juga hadir Ketua Tim Penggerak PKK, Titi Rusma Yul Anwar, Ketua DWP Pesisir Selatan, Marlina Budianda, sejumlah pengurus, dan Kepala Dinas Kesehatan Pesisir Selatan, Satria Wibawa.