Sumbar Bantu Bangun Objek Wisata Linggai Agam

id Irwan Prayitno

Sumbar Bantu Bangun Objek Wisata Linggai Agam

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno. (Antara)

Lubuk Basung, (Antara Sumbar) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, akan membantu pembangunan Objek Wisata Linggai di Danau Maninjau, Kabupaten Agam pada 2017 sehingga daerah itu menjadi tujuan wisatawan.

"Kita siap memberikan bantuan untuk pembangunan asalkan lahan sudah memiliki sertifikat atas nama Pemkab Agam," kata Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno saat melakukan kunjungan kerja ke objek wisata itu, Minggu.

Ia menambahkan, bantuan yang diberikan itu untuk pembangunan mushala, tempat parkir dan pembuatan ruang ganti.

Sementara dana yang akan dialokasikan tergantung kebutuhan sesuai dengan perencanaan yang ada.

"Kita akan melakukan pertemuan dalam waktu dekat dengan bupati untuk membahas dana yang akan dibutuhkan," katanya.

Dengan bantuan ini, pihaknya berharap Objek Wisata Linggai bisa selesai selama tahun, sehingga daerah itu menjadi daya tarik bagi wisatawan nusantara dan mancanegara.

Selama ini, sebutnya Danau Maninjau sudah dikenal wisatawan. Namun para wisatawan hanya melewati danau tersebut karena tidak ada objek wisata untuk dikunjungi.

"Dengan telah dibangunnya objek wisata ini, mereka akan singgah dan menambah pendapatan bagi masyarakat sekitar. Saya sangat mendukung pembangunan objek wisata tersebut," tegasnya.

Bupati Agam Indra Catri, mengucapkan terimakasih atas bantuan ini agar pembangunan cepat selesai.

"Pemkab Agam setiap tahun mengajukan proposal pembangunan Objek Wisata Linggai ke Pemprov Sumbar. Namun belum disetujui sehingga pembangunan tidak bisa dilakukan," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Agam, Hadi Suryadi menambahkan Pemkab Agam mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat sebesar Rp2,5 miliar pada 2017.

Dana ini digunakan untuk pembangunan tahap pertama seperti, membangun dermaga dan amphitheater atau tempat untuk pertunjukan.

"Dalam waktu dekat proyek ini akan kita lelang," katanya.

Luas lahan Objek Wisata Linggai ini sekitar 15.769 meter persegi. Untuk pembangunan objek wisata ini membutuhkan dana sebesar Rp12,15 miliar.

"Kita telah mengajukan pembangunan tahap kedua ke pemerintah pusat pada awal 2017. Mudah-mudahan direlokasi sehingga pada 2018 dibangun kembali," katanya.

Setelah di Objek Wisata Linggai, gubernur beserta rombongan mengunjungi beberapa daerah di Kecamatan Tanjung Raya, Palembayan dan Matur menggunakan sepeda motor.

Saat kunjungan itu, gubernur menyalurkan beasiswa kepada 20 siswa sebesar Rp1 juta per orang, bantuan untuk merehabilitasi 20 unit rumah sebesar Rp2 juta per unit dan lainnya. (*)