Menag: Biaya Haji 2017 Dibahas Jumat

id Menag, Lukman Hakim Saifuddin, Biaya Haji

Menag: Biaya Haji 2017 Dibahas Jumat

Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin.

Jakarta, (Antara Sumbar) - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 2017 dibahas pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat pada Jumat (24/3).

"Jumat akan ada raker dengan Komisi 8 dengan pemerintah untuk tetapkan BPIH," kata Lukman usai mengikuti Rakor Tingkat Menteri (RTM) membahas Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 2017 di Jakarta, Rabu.

Dalam rapat tingkat menteri tersebut dihadiri Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan pejabat kementerian serta lembaga terkait.

Lukman berharap agar BPIH 2017 bisa segera ditetapkan sehingga membuat persiapan haji semakin baik.

Lukman mengatakan pembahasan BPIH sudah tinggal membahas beberapa persoalan. Dengan begitu, penetapan BPIH 2017 bisa tepat waktu pada Jumat (24/3) atau tidak terjadi kemunduran.

Dia juga berharap agar BPIH 2017 dapat obyektif dan masuk akal sehingga tidak ada pihak yang dirugikan, terutama bagi jamaah.

Beberapa perhitungan unsur BPIH, kata dia, harus dilakukan secara cermat seperti adanya fluktuasi bahan bakar avtur untuk pesawat dan unsur lainnya.

"Jadi harus cermat betul menghitungkan sehingga dapat harga yang 'reasonable'," ujarnya. (*)